10 Malam Terakhir Ramadhan, Kabag Kesra Setda Kabupaten Lingga Ajak Masyarakat Lingga Tingkatkan Amalan Ibadah

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Bulan Ramadhan tidak terasa telah tiba di penghujung hari. Kini umat Islam telah memasuki 10 malam terakhir Ramadhan untuk sampai di hari kemenangan. Sabtu (23/04/22)

Keistimewaan 10 hari terakhir di bulan Ramadhan bahkan telah dijelaskan Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

“Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada 10 hari terakhir (bulan Ramadan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut,” (HR. Muslim).

Kesungguhan Rasulullah di 10 malam terakhir di bulan Ramadhan ini didasari beberapa faktor. Pertama, sepuluh hari terakhir merupakan penutup bulan Ramadan yang penuh berkah. Dan setiap amalan manusia dinilai dari amalan penutupnya.

Kedua, 10 malam terakhir adalah malam-malam yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW. Ketiga, kerinduan akan keindahan lailatul qadar atau malam kemuliaan yang keutamaan beribadahnya melebihi beribadah sepanjang 1000 bulan.

Keempat, beliau memberikan contoh kepada umatnya agar tidak terlena dalam kesibukan mempersiapkan kebutuhan hari raya sehingga melupakan keutamaan beribadah di 10 hari terakhir.

Dengan demikian, pemerintah daerah Kabupaten Lingga melalui Kabag Kesra Setda Lingga M. Nuur mengajak seluruh umat Islam di Kabupaten Lingga untuk mengikuti dan mencontohkan perbuatan Rasulullah Saw di 10 malam terakhir Ramadhan.

“Kami mengajak saudara- saudari muslim dan muslimat masyarakat Kabupaten Lingga untuk bersama- sama mengisi amalan-amalan ibadah dimalam sepertiga akhir di Masjid dan musholla masing-masing, salah satunya dengan mengisi i’tikaf, sholat lail, membaca Al Qur’an serta berzikir” ujar Kabag Kesra Setda M. Nuur.

Ajakan ini juga sejalan dengan pesan Nabi yang tertulis dalam sebuah hadits “carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” (HR. Bukhori dan Muslim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.