Didikan Subuh, Investasi Jangka Panjang

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Bupati Lingga, Muhammad Nizar membuka secara resmi Gerakan Didikan Subuh Kecamatan Lingga Utara, di Masjid At-Taqwa, Kp Kuit, Desa Duara, Minggu (13/02/2022). Kegiatan ini bertujuan untuk menggemakan pendidikan keagamaan setiap subuh minggu, bagi anak-anak di Kecamatan Lingga Utara.

Sebelumnya kegiatan Didikan Subuh telah dilaunching oleh Pemerintah daerah, berkerjasama dengan Persatuan Mubaligh Kabupaten Lingga (PMKL), di Masjid Al-Muawanah Kp Cening, pada akhir 2021. Gerakan Didikan Subuh ini merupakan program PMKL, dengan melibatkan sinergitas guru-guru TPQ di desa-desa yang ada di Kabupaten Lingga.

“Terimakasih kepada teman-teman dari Bagian Kesra dan Persatuan Mubaligh Kabupaten Lingga yang terus bergerak, membantu pemerintah daerah dalam membangun kegiatan-kegiatan keagamaan pada program Didikan Subuh ini,” kata Nizar.

Dia juga mengapresiasi antusias masyarakat desa dan anak-anak khususnya di Kecamatan Lingga Utara, Desa Duara dan sekitarnya yang begitu semangat, berbondong-bondong datang untuk mengikuti program didikan subuh ini.

“Alhamdulillah begitu positif respon dari masyarakat, dari guru-guru sehingga kegiatan subuh ini dapat berjalan, harapan terus berjalan di masjid-masjid setiap Minggu,” kata dia.

Kegiatan Didikan Subuh ini, menurut Nizar sangat sejalan dengan program dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Lingga yang beberapa lalu telah merealisasikan pendidikan membaca Al’quran, 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Namun karena wabah covid yang terjadi sejak penghujung 2019, kegiatan sempat terhenti. Dengan program Didikan Subuh turut meramaikan program pendidikan islam, bagi anak-anak di Kabupaten Lingga.

Tentunya, sangat bermanfaat dalam membangun karakter SDM di Kabupaten Lingga yang menjiwai ilmu-ilmu keagamaan. Karena melatih percaya diri anak-anak dengan ilmu yang mereka miliki.

Menurutnya kegiatan ini merupakan investasi jangka panjang. Dengan semangat menegakkan pendidikan dan memupuk nilai-nilai keagamaan hari ini, dia yakin generasi sekarang bakal menjadi penerus estafet kehidupan, menjadi pemimpin, menjadi orang-orang berilmu, berpengetahuan, dan berguna bagi sesama umat.

“Ini investasi jangka panjang. Mudah-mudahan terus berjalan, berlanjut di masjid-masjid yang ada di Kecamatan Lingga Utara, di setiap subuh Minggu berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan covid juga terus landai di Kabupaten Lingga,” papar dia.

Dari kegiatan ini dia berharap, dapat terus memupuk persaudaraan dan silaturahmi serta membangun kekompakan dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Lingga. Terutama dalam pembangunan SDM generasi muda Lingga, yang diharapkan membentuk mental, keberanian, komunikasi, disiplin dan akhlak yang baik.

“Pada hari ini dimulai gerakan didikan subuh di Lingga Utara. Dunia dan akhirat sama sama saling mengisi,” ucap dia. (Prokopim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.