Petani Lingga Panen Padi Menggunakan Alat Comben

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Mengawali tahun 2022, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga melalui Kelompok Tani Buntayu kembali menggelar Panen Padi sawah di Desa bukit Langkap. Kamis (3/2/2022)

Kegiatan ini merupakan program dari Ditjen Tanaman Pangan pada tahun anggaran 2021 yaitu kegiatan Desa Mandiri Benih (DMB) seluas 10 ha di Desa Bukit langkap.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga melalui Kabid Pertanian menjelaskan bahwa untuk panen kali ini menggunakan alat pemanen padi (Comben).

Pada kelompok tani penerima manfaat bantuan tersebut, penanaman padi sawah ini adalah pengembangan kedua untuk perbenihan khususnya di Lingga pada kegiatan Desa Mandiri Benih (DMB).

Menurut Hernowo, selaku Kabid Pertanian beliau mengungkapkan bahwa pengembangan padi saat ini sudah memasuki masa panen dan hasil panen akan disertifikasi untuk dijadikan benih kembali.

Adapun varietas yang dikembangkan infari 42 agritan yang berlabel ungu dan akan diturunkan menjadi label biru.

Dari hasil panen tersebut diperkirakan produktifitas hasil gabah kering panen (GKP) mencapai 2 ton/ha. Dan dari hasil uji ubinan yang di lakukan oleh penyuluh pertanian bekerja sama dengan BPS Kabupaten Lingga diharapkan kedepannya akan terus dilakukan pengembangan terhadap kegiatan perbenihan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *