Kunjungi Telkomsel, Pemkab Lingga Sampaikan Usulan Ekspansi Jaringan 4G

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Sebagai upaya peningkatan kualitas layanan Telkomunikasi dan data di Kabupaten Lingga, Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Lingga didampingi Kadis Kominfo, Kabid Egov TIK, Kasi Infrastruktur dan PA serta Kabag Prokopim melakukan Kunjungan Kerja ke PT Telkomsel Wilayah Kepri di Batam pada Selasa (23/11/2021) siang.

Pada kesempatan itu, Bupati Lingga beserta rombongan menyampaikan beberapa usulan wilayah yang masih perlu dilakukan penguatan signal dan pembangunan menara telekomunikasi sebanyak 32 unit yang nantinya sekaligus untuk menunjang kemajuan teknologi serta menghadapi era revolusi 4.0 di Kabupaten Lingga.

Tidak hanya itu, secara spesifik Bupati Lingga melalui Kadis Kominfo menyampaikan bahwa masih terdapat permasalahan diberbagai wilayah di Kabupaten Lingga yang berhubungan dengan komunikasi. Diantaranya adalah belum dapat difungsikan     dengan sebagaimana mestinya menara telekomunikasi setinggi 72 meter yang berada di Pulau Pekajang; Sinyal 4G yang belum dapat mengcover wilayah Desa Batu Belubang karena terhalang oleh bukit; serta belum sampainya sinyal 4G di wilyah Desa Kudung, Tebing, dan Belungkur atau yang berada di Lingga bagian timur.

Selain itu, Diskominfo Lingga mengusulkan kepada pihak Telkom dan Telkomsel untuk melaksanakan ekspansi bentangan kabel Fiber Optic hingga ke Desa Kudung dengan memberikan gambaran rencana dan potensi pada wilayah tersebut.

Menyambut berbagai usulan tersebut, pihak Telkomsel Batam melalui Manager Network Service Batam I Putu Eka Udayana R, mengharapkan kepada Pemkab Lingga melalui dinas terkait untuk bersama-sama melaksanakan survey ke lokasi-lokasi yang masih membutuhkan penguatan signal 4G.

Sebagai informasi, pihak Telkom & Telkomsel dalam waktu dekat akan membangun Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) berbasis Fiber Optic (FO) sebagai back bone untuk menghubungkan Daik dan Dabo.

Saat ini sedang berlangsung proses pembentangan kabel FO darat di wilayah Lingga dan Dabo untuk menghubungkan tower-tower yang dilalui FO sehingga dapat meningkatkan akses seluler menjadi 4G+ dan ditargetkan akan selesai dan siap beroperasi secara menyeluruh pada kuartal ke dua tahun 2022.

Diakhir pertemuan, pihak Diskominfo Lingga menyampaikan akan melaksanakan koordinasi lebih lanjut dengan Telkomsel dan Kementerian Kominfo (BAKTI) terkait rencana perubahan system pada tower mini BAKTI yang semula berbasis V-Sat menjadi Teresterial sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas pada tower mini dimaksud.

Diketahui hadir pada pertemuan tersebut Hasanul Haq (Manager Branch Telkomsel Batam), Wayan Agus Sudiatmika (staff district operation Telkomsel Tanjung Pinang), Aswin Farista  (coorporated account Telkomsel) serta Aruqmaana Rasyid Account manager Gov Witel Rikep Telkom. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *