Asisten III Buka Semarak Lomba Museum Linggam Cahaya 2021

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Lingga, melalui Dinas Kebudayaan menggelar pelaksanaan semarak lomba museum Linggam Cahaya Kabupaten Lingga Tahun 2021. Daik Lingga, Senin (25/10/2021).Kegiatan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Azmi dalam sambutannya yang menyatakan semarak lomba museum Linggam Cahaya 2021 bertujuan untuk memperkenalkan kepada publik bahwa keberadaan dan fungsi museum satu di antaranya adalah sebagai sarana edukasi kultural yang dapat dimanfaatkan sebagai media rekreasi dan pendidikan.

“Selain itu juga kita juga memperkenalkan dan mengangkat kebudayaan lokal guna mendukung upaya pemajuan kebudayaan nasional yang mampu berperan membentuk karakter bangsa Indonesia dengan cara mengekspresikan nilai-nilai budaya Melayu yang konstruktif melalui kegiatan publik di museum” terang Kadis Kebudayaan, Azmi.

Sementara itu mewakili Bupati Lingga, Asisten III Siswandi yang membuka resmi kegiatan ini menyampaikan bahwa museum bukan saja tempat menyimpan barang-barang antik, akan tetapi menurutnya sebagai sumber warisan budaya.

“Pada dasarnya museum adalah wadah pelestarian nilai-nilai luhur warisan budaya, oleh karena itu museum berfungsi sebagai media pendidikan kebudayaan bangsa dan sebagai tempat wisata budaya yang dapat menimbulkan pemahaman dan rasa ikut memiliki unsur-unsur dan budaya lokal maupun bangsa” tutur Asisten III saat memberikan sambutannya.

Beliau juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lingga, yang memiliki barang-barang peninggalan sejarah atau para penghibah barang-barang untuk diberikan kepada pemerintah daerah dan sekaligus menjadi aset daerah.

“Dan tentu kita berharap, barang koleksi museum Linggam Cahaya ini berguna dan bermanfaat untuk semua. Terutama untuk mempelajari kehidupan dan menggali lebih dalam khazanah kebudayaan yang berkembang di daerah kita” harapnya.

Adapun beberapa rangkaian pelaksanaan semarak lomba museum Linggam Cahaya Kabupaten Lingga ini salah satunya yakni, lomba foto Instagram di museum, lomba miniatur rumah tradisional Melayu Kepulauan Riau, lomba alih aksara, serta lomba essay tingkat SMA/MA/SMK dan banyak lagi cabang lainnya yang diperlombakan. (SMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *