Pemkab Lingga Gelar Tradisi Mandi Safar di Desa Resun

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Lingga menggelar tradisi doa bersama tolak bala bulan Safar di Masjid Al Hidayah Desa Resun dan tradisi mandi safar di Objek Wisata Sungai Ken Desa Resun Kecamatan Lingga Utara. (06/10/2021)

Kegiatan ini dilaksanakan dan diyakini oleh masyarakat bunda tanah melayu sebagai harapan untuk menolak bala yang sudah dilaksanakan secara turun temurun sejak dari zaman dahulu kala.

Datuk Ruslan sebagai Ketua LAM Desa Resun dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih atas perhatian pemerintah yang senantiasa ikut mendukung pelaksanaan dalam melestarikan budaya Melayu Lingga dengan tradisi mandi safar dan menjaga tali silaturahim antar masyarakat.

Sementara Bupati Lingga diwakili Asisten III bidang administrasi umum Siswandi dalam sambutannya sedikit menceritakan sejarah singkat tradisi ritual mandi safar yang menjadi bagian tradisi pada kalangan Istana Raja Lingga pada zaman dahulu.

“Pemerintah Kabupaten Lingga sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan mendukung penuh pelaksanaan ini yang juga merupakan tradisi budaya Melayu Kabupaten Lingga secara turun-temurun” ujar Siswandi Asisten III bidang administrasi umum di Masjid Al Hidayah Desa Resun.

Selesai melaksanakan pemandian safar secara simbolis kepada beberapa anak-anak dimasjid Al Hidayah, rombongan Asisten III dijamu makanan khas Melayu Lingga Nasi Dagang yang berbungkus daun pisang.

Usai menyantap makanan yang dihidangkan, rombongan bergerak menuju sungai untuk kembali melanjutkan tradisi mandi safar yang dimeriahkan oleh anak-anak yang bergembira menyambut acara tahunan ini.

Air yang dimandikan diletakkan daun yang bertuliskan ayat-ayat suci Al-Qur’an, yang bermakna untuk menolak diri dari berbagai mala petaka dan fitnah-fitnah yang tidak diinginkan.

Hadir pada kegiatan ini, Asisten III bidang administrasi umum, Kepala Dinas Kebudayaan Lingga, Ketua LAM Kabupaten Lingga dan Desa Resun, Camat dan Sekcam Lingga Utara, Perwakilan Disbud Provinsi Kepri, Kepala Desa dan BPD se-Kecamatan Lingga Utara, serta seluruh tamu undangan yang turut memeriahkan tradisi mandi Safar. (SMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *