Mulai Mandiri, Petani Desa Kerandin Panen Situpatenggang

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Berkat kegigihan dan konsistensi mengolah lahan sawah, petani Kecamatan Lingga Timur mampu memanen varietas Situpatenggang pada Rabu (04/08/2021) pagi.

Panen ini dilakukan oleh Purwanto yang tergabung dalam Kelompok Tani “Suka Tani” di atas lahan seluas 0,1 Ha dari total luas tanam 1 Ha.

Dipilihnya padi jenis Situpatenggang ini dikarenakan umur panen lebih cepat atau genjah, serta cita rasanya pulen dan wangi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lingga melalui Kabid Pertanian Hernowo mengabarkan bahwa pada musim tanam kali ini, petani tersebut melakukan penanaman dua (2) varietas padi sekaligus yaitu varietas Situpatenggang dan Inpari 42.

“Hari ini kelompok Suka Tani hanya melakukan  panen padi jenis Situpatenggang. Kemudian panen akan dilanjutkan kembali pada akhir bulan Agustus ini dengan satu varietas yang lain yaitu inpari 42 seluas 0.9 Ha,” kata Hernowo.

Ia juga menyampaikan bahwa, panen kali ini sengaja dilakukan secara manual oleh petani, agar nantinya bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

“Panen kali ini memang sengaja menggunakan arit, agar bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak. Alhamdulillah dari hasil panen pagi ini, diperoleh lebih kurang 500 kilogram Gabah Kering Panen (GKP),” ungkapnya lagi.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan bahwa pada musim tanam kali ini, para petani khususnya di desa Kerandin yang tergabung dalam Kelompok Tani “Suka Damai” dan “Suka Tani” melakukan penanaman secara mandiri atau non bantuan pemerintah.

Semua sarana produksi atau saprodi dipenuhi oleh petani sendiri, mulai dari benih yang diandalkan dari hasil panen musim tanam yang lalu dan pupuk yang dibeli sendiri. “Hanya saja untuk pestisida petani masih disubsidi oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga,” demikian pungkasnya. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *