Manfaatkan Pekarangan Gedung Daerah, DPKP Lingga Panen Cabe di Lahan Demplot

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang bekerjasama dengan PKK Kabupaten Lingga melaksanakan panen ke-5 cabe rawit sebanyak 20Kg dan terong lalap sebanyak 18,5 Kg. Gedung daerah Dabo Singkep, Selasa (3/8)PKK Kabupaten Lingga yang diketuai oleh Ibu Maratussholiha M. Nizar melaksanakan panen bersama Tim Bidang Pertanian, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga.

Diketahui, adapun metode pelaksanaan penanaman yang diterapkan oleh Dinas Pertanian ini yakni dengan menggunakan sistem Demontration Pilot atau yang biasa dikenal dengan sebutan Demplot.

Demplot ini bisa diartikan sebagai metode penyuluhan pertanian yang ditujukan kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan dengan tujuan agar para petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga Melalui Kabid Pertanian, Hernowo mengajak kepada masyarakat Kabupaten Lingga untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan baik dalam meningkatkan kebutuhan ekonomi keluarga dimasa pandemic sekarang ini.

“Paling tidak ditanami cabe rawit, biar ketika akan membuat sambal atau kebutuhan lainnya, kita tidak beli lagi di warung. Pekarangan rumah jangan dibiarkan kosong dan tidak dimanfaatkan karena masyarakat Kabupaten Lingga harus bangkit” ajak Kepala Bidang Pertanian Hernowo.

Seperti biasanya, pelaksanaan panen ini juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan guna menghindari dan meningkatnya angka penyebaran covid-19.

Usai melaksanakan panen ini, Kabid Pertanian Kabupaten Lingga ini sangat berharap agar kegiatan ini bisa dicontohkan oleh seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Lingga untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada di dekat sekitaran rumah yang bisa digunakan untuk bercocok tanam yang menghasilkan. (SMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *