Swadayakan Benih dan Pupuk, Sungai Besar Kembali Hasilkan Beras

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Untuk kesekian kalinya, petani Desa Sungai Besar melakukan panen padi pada musim tanam perdana tahun ini. (23/07/2021)

Adalah Jawarudi, Maswadi dan Herianto, tiga orang petani yang saat ini terus berupaya membudidayakan padi di tengah keterbatasan pandemi Covid-19 hari ini.

Meskipun hanya 3,5 hektare luasnya, mereka mampu berswadaya dengan penyediaan pupuk. Sedangkan untuk benih, mereka menggunakan hasil turunan panen di musim tanam sebelumnya.

Menurut informasi dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga, benih padi yang ditanam merupakan varietas Inpari 42, dengan produktivitas 3,2 ton per hektar.

Para petani di Sungai Besar juga telah mampu menggunakan mekanisasi pertanian (alsintan/alat mesin pertanian), mulai dari olah tanah hingga pasca panen.

Dinas Pertanian Kabupaten Lingga sendiri tetap berperan aktif dalam pendampingan, yakni dengan memfasilitasi tenaga bantu penyuluh pertanian, popt, dan pendamping sawah, serta memberikan bantuan pestisida untuk pengendalian hama dan penyakit  (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *