Bupati Lingga Bersama Ketua DPRD Lingga Lakukan Peninjauan ke Kebun Sengon Solomon (Kingtony)

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Bupati Lingga bersama Ketua DPRD Lingga didampingi Kadis PU beserta Kasubag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Prokompim Humas Lingga lakukan kunjungan dan peninjauan ke Kebun Sengon Solomon Kingtony di Tanah PutiPh, Kecamatan Singkep Selatan Kabupaten Lingga. Senin (19/7)

Kedatangan Bupati bersama rombongan ini, disambut baik oleh pemilik kebun Kingtony dengan menyuguhkan sajian buahan diiringi dengan penjelasan pemilik Kebun tentang proses penanaman Sengon Solomon hingga ke proses berikutnya sampai panen.

Dikesempatan ini juga Kingtony pemilik kebun menjelaskan Sengon ini memiliki nama ilmiah Albizia chinensis. Pohon ini merupakan tanaman kayu yang tumbuh dengan cepat dengan tingginya bisa mencapai 30 hingga 45 meter.

“Sengon mengandung konsentrasi tinggi saponin, polifenol, dan triterpenoid. Ketiganya diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan. Di India, pohon ini kerap dijadikan bagian dari perawatan ayurvedic.” Jelas Kingtony.

Dijelaskannya tanaman Sengon Solomon ini dapat mudah tumbuh diberbagai kondisi iklim mulai dari 0-1800 MDPL sehingga sangat memberikan peluang untuk bertanam dan bisnis sengon.

Usai melakukan sharing bicara dan tukar pikiran terkait penanaman Sengon Solomon ini, Bupati Lingga bersama Ketua DPRD Lingga diajak pemilik kebun berkeliling untuk melihat bibit-bibit yang sudah ditanam yang akan segera dilakukan penyemaian.

Lebih lanjut Bupati Lingga dan Ketua DPRD juga diajak untuk melihat peternakan kambing, angsa dan ayam disekitaran kebun yang kotorannya bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kandang untuk pohon sengon Solomon dan berbagai macam pohon durian yang ada di Kebun Kingtony. (SMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *