DPRD Gelar Paripurna Secara Virtual, Bupati Lingga Sampaikan 3 Ranperda

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lingga menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Lingga pada Selasa (29/06/2021) siang di ruang rapat DPRD Lingga.

Pada kesempatan itu, Bupati Lingga M.Nizar menyampaikan tiga (3) Ranperda, yakni Ranperda tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum; Ranperda tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah; serta Ranperda tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020.

Adapun terkait Ranperda tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah, Bupati Lingga menyampaikan bahwa Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lingga nomor 2 tahun 2017 tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah sudah tidak berlaku lagi. Hal tersebut ditandai dengan telah diundangkannya Peraturan Pemerintah (PP) nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 77 tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah yang telah mencabut peraturan sebelumnya, yakkni PP nomor 58 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah nomor 13 tahun 2006 tentang Pedoman Peengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali; terakhir dengan Permendagri nomor 21 tahun 2011 tentang perubahan kedua atas Permendagri nomor 13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, sehingga dengan dicabutnya kedua peraturan itu, maka perlu dilakukan penyesuaian terhadap Perda tersebut.

Selain penyampaian Ranperda oleh Bupati Lingga, paripurna tersebut juga disejalankan dengan penyampaian pandangan umum fraksi di DPRD. Berbagai masukan, kritik dan saran disampaikan oleh seluruh fraksi pada paripurna tersebut.

Dalam agenda selanjutnya, Bupati Lingga menyampaikan terimakasih atas kritikan, masukan dan saran seluruh fraksi yang tentunya akan menjadi atensi dari Pemkab Lingga melalui bagian Hukum Setda Lingga bersama OPD terkait. Ia berharap Pemerintah Kabupaten Lingga terus menjalin komunikasi dan komunikasi yang baik dalam pembahasan tersebut, bersama Pansus di DPRD Kabupaten Lingga.

Dalam ruang rapat yang di gelar secara virtual tersebut, tampak hadir Wakil Bupati Lingga, para Kepala OPD dan anggota DPRD, serta para camat. Selain itu, juga tampak hadir beberapa anggota DPRD yang mengikuti rapat secara langsung di lokasi. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *