Datangi Senayan, Bupati Lingga Titipkan Harapan Kemajuan Lingga kepada Rachmat Gobel

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Usai temui Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia Rachmat Gobel di ruangannya, Bupati Lingga M.Nizar sampaikan beberapa bahasan penting dalam kunjungan tersebut.
Yang pertama ialah membahas maksud dari PT.Timah untuk kembali melaksanakan aktivitas penambangan di Kabupaten Lingga. Sembari menunggu rekomendasi dari Gubernur Kepulauan Riau, Bupati Lingga juga menyampaikan maksud tersebut kepada bapak Rachmat Gobel agar bisa mengkomunikasikan terkait hal itu kepada pihak Kementerian.

Bupati Lingga juga berharap, melalui bapak Rachmat Gobel, PT.Timah juga bisa melaksanakan pembangunan terhadap peninggalan PT,Timah di masa lalu untuk disegerakan.

“Alhamdulillah Rabu nanti, dari pihak PT. Timah akan menyampaikan kepada pimpinannya di Bangka Belitung untuk segera memulai hal tersebut,” kata Bupati Lingga.

Bahasan lain dalam kunjungan tersebut adalah terkait progres kunjungan kerja bapak Rachmat Gobel di Kabupaten Lingga beberapa waktu lalu. Yakni mengenai bahan baku sagu yang ada di Kabupaten Lingga yang sudah memiliki Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan HAM sebagai salah satu sagu terbaik di Indonesia, yang hari ini membutuhkan campur tangan dari bapak Rachmat Gobel untuk kembali menyampaikan keseriusan Pemkab Lingga untuk menghadirkan produk olahan sagu berkualitas kepada pihak BPPT.

“Hadirnya kami disini bersama dengan bapak Ketua, Kapolres, dan Danlanal dan seluruh Forkopimda dan beberapa perwakilan OPD, merupakan bentuk komitmen keseriusan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan keinginan tersebut,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa dengan bahan baku dari Kabupaten Lingga ini, nantinya akan menjadi sebuah brand milik Kabupaten Lingga, yang bisa memberikan nilai yang layak bagi masyarakat Kabupaten Lingga. “Sebagai contoh, produk mie sagu dalam kemasan,” terangnya lagi.
Terkait masalah petanian, peternakan, perkebunan dan perikanan di Kabupaten Lingga, Bupati Muhammad Nizar menyampaikan bahwa, sebagai salah satu wilayah kepulauan yang diharapkan bisa menjadi daerah penyangga pangan di perbatasan, Kabupaten Lingga sangat membutuhkan kehadiran para penyuluh, baik itu peternakan, perikanan dan pertanian untuk mewujudkan hal tersebut. Melalui pertemuan itu, Bupati Lingga berharap agar bapak Rachmat Gobel bisa membantu menyempurnakan keinginan dari Pemkab Lingga kepada beberapa Kementerian terkait.

Mengenai progres pendirian Politeknik, Bupati Lingga menyampaikan beberapa perubahan yang baru kepada bapak Rachmat Gobel. Nizar berharap, pada bulan Agustus ataupun September mendatang, sudah ada penerimaan mahasiswa. Menanggapi hal tersebut, bapak Rachmat Gobel akan melakukan komunikasi dengan pihak Dikti terkait hal tersebut, serta akan dikoordinasikan langsung dengan Dirjen Dikemendikbud, demikian terang Bupati Lingga di Senayan pada Jum’at (11/06/2021).

“Jadi pointer dari pertemuan tersebut adalah Rachmat Gobel akan memanggil Direktur Utama PT. Timah untuk membicarakan realisasi komitmen pembangunan implasemen. Kemudian BPPT diminta segera melakukan pertemuan lanjutan dengan pihak PT. Sagu di Bangka Belitung untuk melaksanakan kerjasama dengan Kabupaten Lingga,” jelasnya singkat.

Memanfaatkan kunjungan yang juga dihadiri Forkopimda tersebut, Bupati Lingga juga menyampaikan perlunya tambahan bantuan kapal dari Kementerian Desa dan Infrastruktur di Kementerian Perhubungan, mengingat kondisi Geografis Kabupaten Lingga yang sebagian besar merupakan wilayah perairan, sehingga membutuhkan lebih banyak sarana transportasi berupa angkutan barang, patroli dan sebagainya. Pemerintah daerah berharap pertemuan ini bisa menjadi jembatan untuk mewujudkan Kabupaten Lingga yang semakin baik kedepannya.(RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *