Bersama Telkomsel, Pemkab Lingga Upayakan Peningkatan Kualitas Internet dan Telekomunikasi

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap kecepatan akses informasi serta untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi dan telekomunikasi di Kabupaten Lingga, Pemeritah Kabupaten Lingga melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lingga bersama dengan Telkomsel terus berupaya meningkatkan kualitas serta cakupan sinyal telekomunikasi dan jaringan internet di Kabupaten Lingga; seperti yang dilakukan pada Minggu (06/06/2021) lalu di Desa Panggak Darat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika melalui Kabid E-Goverment dan TIK Diskominfo Lingga Ady Setiawan menginformasikan bahwa saat ini telah terpasang repeater 4G dari Telkomsel, dan sudah dilakukan ujicoba hingga sampai ke SD 007 dengan hasil yang cukup memuaskan. “Alhamdulillah dari alat yang terpasang tersebut coverage areanya bisa menjangkau hingga 600 meter. Sudah kami lakukan uji coba, dan speedtestnya bisa mencapai 7 Mbps,” ungkapnya.

Ady juga menjelaskan bahwa untuk tahap awal ini, akan dipasangkan 2 set repeater dari 5 set yang dialokasikan untuk wilayah Kabupaten Lingga. “Satu di Panggak Darat, satu lagi akan dipasangkan untuk di Sungai Besar,” jelasnya pada Senin (07/06/2021) di Kantor Diskominfo Lingga.

Sedangkan 3 set lainnya akan menyusul kemudian, yang rencananya akan diperuntukkan di wilayah Tanjung Dua Selayar, Pulon dan Desa Pekaka.

Ia berharap dengan diperkuatnya sinyal di beberapa desa di wilayah Kabupaten Lingga ini, bisa memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap akses internet; baik untuk meningkatkan potensi ekonomi masyarakat dimasa pandemi covid-19.

Tidak hanya itu, peningkatan kualitas ini juga diharapkan bisa mendukung kebutuhan para siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara daring, serta mendukung kualitas kinerja dari perangkat desa dalam penyampaian laporan dan memenuhi kebutuhan literasi perangkat desa.

“Kami dari Pemkab Lingga menyampaikan terimakasih kepada pihak Telkomsel yang terus bersama berupaya meningkatkan layanan dan jangkauan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan data di Kabupaten Lingga. Kami berharap ini juga bisa menjadi acuan Telkomsel untuk dapat melakukan ekspansi jaringan dengan menambah site permanen demi memenuhi kebutuhan akses internet diwilayah yang sangat membutuhkan,” pungkasnya. (RS)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *