Gubernur Kepri Hadiri Pembukaan Musrenbang Tingkat Kabupaten Lingga

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad hadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Lingga di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga, Rabu (17/03).

Hadir pada kesempatan ini, Gubernur Kepulauan Riau, Bupati dan Wakil Bupati Lingga, Ketua beserta anggota DPRD Lingga, Sekda, Pimpinan OPD se-Kabupaten Lingga, Camat, Lurah/ Kades serta seluruh tamu undangan yang hadir dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan Musrenbang yang diawali dengan laporan Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Kaban Barenlitbang) Kabupaten Lingga.

Dalam sambutannya Kepala Barenlitbang mengatakan, Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Lingga tahun 2021 ini dapat dikatakan sebagai musyawarah stakeholder Kabupaten Lingga untuk bersama-sama berperan aktif dalam mematangkan dan mempertajam rancangan RKPD tahun 2021, yang prosesnya diawali dengan Musrembang Desa atau Kelurahan, Musrembang Kecamatan dan forum OPD yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Bupati Lingga M. Nizar yang membuka resmi kegiatan Musrenbang ini mengatakan pelaksanaan Musrenbang merupakan amanat dari undang-undang no 25 tahun 2014 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional. Musrenbang merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah.

“Proses perencanaan pembangunan daerah telah kita mulai sejak Musrenbang kelurahan/desa, Musrenbang kecamatan dan forum OPD, dan pada hari ini melalui Musrenbang tingkat kabupaten, kemudian akan dilanjutkan hingga Musrenbang tingkat provinsi dan nasional” sebut Bupati Lingga ini.

Nizar mengatakan Musrenbang tingkat kabupaten memiliki fungsi strategis dan penting karena dalam tahapan ini kita bersama-sama akan mensinkronkan dan merumuskan usulan prioritas pembangunan daerah yang dihasilkan dari usulan masyarakat, usulan (Pokok Pikiran) Pokir dan hasil Reses, yang dipadukan dengan rancangan rencana kerja perangkat daerah, untuk kemudian dituangkan dalam rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Lingga kedepan.

Sejalan dengan tema Musrenbang “Percepatan pembangunan berkualitas menuju masyarakat yang sejahtera berdaya saing dan berbudaya” ini diharapkan mampu menerjemahkan dalam program serta kegiatan yang mendukung pemulihan daripada dampak covid-19 dari segala aspek.

Selanjutnya, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad, yang turut hadir dalam pembukaan Musrenbang tingkat Kabupaten Lingga ini dalam sambutannya menyampaikan dan berharap Musrenbang ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Gubernur menjelaskan, pembangunan daerah merupakan perwujudan dari pelaksanaan urusan pemerintah yang diserahkan kepada pemerintah daerah sebagai bagian integral dari Perencanaan Pembangunan Nasional.

“Untuk itu kita berharap, setiap usulan yang disampaikan sudah menjadi prioritas daerah untuk dilanjutkan menjadi pembangunan nyata yang pastinya bermanfaat untuk masyarakat” sebut Gubernur Kepri ini.

Gubernur Ansar juga menyampaikan, bahwa beliau melihat kondisi pariwisata di Kabupaten Lingga yang memiliki cukup banyak potensi unggulan yang dapat menguntungkan PAD daerah maupun provinsi perlu mendapat perhatian khusus untuk dikembangkan guna menambah daya tarik wisatawan.

“Melihat kondisi pariwisata yang ada di Lingga, tentu kami akan masukkan dalam skala prioritas Provinsi Kepulauan Riau agar kedepannya dapat lebih maju dan jauh berkembang dan berdaya saing seperti Bali dan Bintan yang sudah banyak dilirik oleh turis-turis asing” ungkap beliau.

Selesai memberikan sambutan, Gubernur Kepri melanjutkan pemukulan gong sebagai harapan Musrenbang yang juga sudah dibuka resmi oleh Bupati Lingga dapat berjalan sesuai harapan dan menghasilkan rencana pembangunan yang prioritas. (SMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *