Bupati Lingga Buka Konsultasi Publik Ranwal RPJMD 2021- 2026

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Hadir di Aula Kantor Bupati Lingga, M. Nizar membuka acara Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2021-2026, Kamis (1/4).Pelaksanaan Konsultasi Publik merupakan tahapan paling awal dalam menyusun RPJMD, yang bertujuan untuk menjaring aspirasi masukan, saran dan dukungan dari para pemangku kepentingan.

Konsultasi Publik juga merupakan wujud transparansi, sehingga diharapkan muncul gebrakan perubahan strategis dalam pencapaian target kinerja RPJMD yang akan dirumuskan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga.

Dengan dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Lingga oleh Gubernur Kepri pada beberapa waktu lalu, maka sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pemerintah Kabupaten Lingga berkewajiban menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

Dokumen RPJMD merupakan dokumen perencanaan 5 (lima) tahunan yang memuat visi, misi, dan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang selanjutnya dijadikan pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan, baik itu pemerintah, masyarakat, maupun dunia usaha dalam mewujudkan visi dan misi RPJMD Kabupaten Lingga Tahun 2021-2026 secara sinergis, efektif dan tepat sasaran.

“Visi kita ialah terwujudnya Kabupaten Lingga sebagai Bunda Tanah Melayu yang maju dan sejahtera. Dengan misi yang pertama yakni mewujudkan SDM yang berkualitas, berbudaya dan berdaya saing. Kedua, mempercepat pemerataan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan. Ketiga, mewujudkan pembangunan ekonomi berbasis potensi unggulan. Yang keempat adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good government), serta yang kelima ialah mewujudkan kehidupan masyarakat yang tertib, aman, dan berbudaya berlandaskan nilai-nilai agama” papar Bupati Lingga M. Nizar.

Bupati Lingga berharap kepada Pemerintah Provinsi dan Pusat, beserta seluruh pemangku kepentingan, untuk senantiasa memberikan dukungan secara penuh demi terlaksananya pembangunan di Kabupaten Lingga.

“Karena keterlibatan seluruh pihak akan menjadi daya dorong yang kuat demi terwujudnya kabupaten Lingga sebagai bunda Tanah Melayu yang maju dan sejahtera” ungkap Bupati Lingga ini.

 

Bupati Lingga menambahkan dan berpesan agar dalam menyusun perencanaan pembangunan, hendaknya kepala perangkat daerah menetapkan target dan sasaran pembangunan yang ingin dicapai.

“Semua harus terukur dan terstruktur secara jelas. Antisipasi segala hambatan yang berpotensi muncul dan harus siap untuk menghadapinya. Dan yang terakhir senantiasa bersinergi dalam upaya mencapai target-target pembangunan RPJMD,” pungkasnya.

Selesai menyampaikan sambutan, Bupati Lingga membuka dengan resmi kegiatan konsultasi publik Ranwal RPJMD Kabupaten Lingga tahun 2021- 2026.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Lingga, Sekda Lingga, Asisten I, II, dan III, Kepala Bappeda, Seluruh Pimpinan perangkat daerah se Kabupaten Lingga serta tamu undangan. (SMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *