Pemkab Lingga Raih Penghargaan DJPb 2 Tahun Berturut-Turut

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Kepulauan Riau mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga dalam penginputan data calon debitur pada aplikasi Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) yang berhasil menjadikan Kabupaten Lingga kembali menempati posisi tiga (3) terbaik se-Provinsi Kepulauan Riau sebagaimana yang tertuang dalam Keputusan Kepala kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau Nomor KEP-11/WPB.05/2021 tanggal 26 Januari 2021.

Kegiatan ini terselenggara atas adanya Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 155/PMK.05/2018 tentang Pedoman Penggunaan Sistem Informasi Kredit Program dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 581/6871/SJ tanggal 14 Desember 2015 tentang Kredit Usaha Rakyat Tahun 2015, pemerintah daerah harus menginput data calon debitur potensial yang diprioritaskan dapat dibiayai melalui kredit usaha rakyat pada aplikasi SIKP.

Adapun penilaian tersebut adalah berdasarkan hasil monitoring penginputan data calon debitur oleh pemerintah daerah pada aplikasi SIKP selama tahun 2020.
“Untuk tahun 2019 lalu kita mendapat terbaik pertama dalam penginputan data calon debitur ke dalam aplikasi SIKP se-Provinsi Kepri, dan Alhamdulillah untuk tahun 2020 kita menempati posisi 2 terbaik se-Provinsi Kepri. Mengapa untuk tahun bisa 2020 menurun, karena tahun 2020 terdapat bantuan dari Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM),” ungkap Aang Abu Bakar selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, UKM Kabupaten Lingga saat menyampaikan informasi tersebut. (26/03/2021)

Pada kesempatan itu, Aang Abu Bakar juga menjelaskan sebab pencapaian tersebut baru diumumkan saat ini. Hal tersebut dikarenakan pada tahun 2019 lalu masih rawan terhadap Covid-19, sehingga pihaknya baru bisa ngambilnya sekaligus pada tahun 2021 ini.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini juga terkait dengan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk para pelaku usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lingga yang sangat mendapatkan perhatian penuh dari Bupati dan Wakil Bupati Lingga.

“Alhamdulillah, keberhasilan kita ini adalah tidak terlepas dari bimbingan dan dukungan penuh dari bapak Muhammad Nizar dan pak Neko Wesha Pawelloy yang mempersembahkan penghargaan ini kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Pemerintahan di Kabupaten Lingga, yang senantiasa berkomitmen terhadap kinerja penginputan data debitur,” ujar Aang.

Diakhir informasi tersebut, Ia menyampaikan terimakasih kepada team work dibawah Kabid Kabid Irma Kurnia yang dipimpin oleh Kasi UKM Aswin serta staffnya Indah dan pendukung lainnya yang telah bahu membahu mewujudkan pencapaian tersebut bagi Kabupaten. Sejalan dengan harapan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kanwil Kepulauan Riau, Aang berharap prestasi ini bisa terus dijaga komitmennya dan akan terus berupaya untuk meningkatkan ke tingkat yang lebih baik. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *