Turun ke Sawah, Wakil Gubernur Kepri Antusias Ikut Panen Perdana

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Melanjutkan agenda lainnya, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina bersama Bupati Lingga bergerak menuju Kecamatan Lingga Timur (21/03/2021) Minggu sore.

Adapun agenda kali ini adalah untuk melihat langsung proses panen padi ketan oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Suka Damai Desa Kerandin.

Suradi, ketua Gapoktan Suka Damai mengatakan bahwa kunjungan Wakil Gubernur Kepri bersama Bupati Lingga dan para pejabat daerah ke sawah tersebut, melahirkan kebanggaan tersendiri bagi kelompoknya. Ia merasa bersyukur bahwa apa yang mereka lakukan mendapat dukungan dan perhatian dari Wakil Gubernur Kepri dan lebih-lebih lagi oleh Bupati Lingga M.Nizar beserta istri.

“Alhamdulillah, ada kebanggaan tersendiri bagi kami para petani disini. Saya harap, dengan adanya kunjungan ini, bisa membuat kami lebih bersemangat, apalagi selama ini pemerintah daerah sudah sangat membantu kami dengan memberikan alat-alat pertanian yang cukup canggih bagi membantu kami disini,” ungkapnya penuh rasa syukur.

Bercerita panjang lebar, Suradi mengungkapkan bahwa, Padi Ketan jenis Dolo-Kutuk tersebut memiliki keistimewaan tersendiri, yakni rasanya yang lebih enak jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Kekhasan tanaman ini juga dikarenakan ukuran tanaman yang lebih tinggi sehingga jenis ini tidak tercampur dengan padi biasa. “Masih murni lah pak,” tambahnya.

Suradi juga menginformasikan bahwa meskipun secara total jumlah hasil panen padi ketan ini lebih sedikit dari pada padi biasa yang ada di Kabupaten Lingga, namun secara ekonomis, nilai yang dihasilkan padi ketan lebih tinggi dari padi biasanya.

“Kalau padi biasa disini satu petaknya bisa sampai 4 ton, nah untuk ketan ini mungkin-mungkin hanya sampai 2,5 ton saja. Tapi ya itu tadi, harganya lebih tinggi, gitu pak,” demikian diungkapkan Suradi saat panen tersebut.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina yang juga merupakan istri dari Walikota Batam ini, terlihat sangat antusias menjajal sendiri mesin perontok padi pada panen perdana padi ketan di Kabupaten Lingga.

“Awalnya saya kira ini padi biasa, ternyata padi ketan. Alhamdulillah, padinya bagus, kelihatannya dari gabahnya yang padat berisi,” ujar Marlin senang.

Marlin juga berkesempatan mencicipi langsung padi ketan yang telah dimasak oleh warga setempat dengan lauk alakadarnya, sembari bercengkerama bersama petani-petani dilokasi tersebut. Tak sedikit pun tampak raut canggung dari wajahnya.

Marlin mengapresiasi pencapaian usaha dan dukungan Bupati Lingga melalui dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga terhadap petani-petani di Kabupaten Lingga. Ia berharap dikedepannya hasil panen padi dan ketan di Kabupaten Lingga bisa semakin baik dan cita-cita Lingga menjadi lumbung pangan nasional di wilayah perbatasan, bisa segera terwujud.

Dalam perjalanannya, Bupati Lingga antusias menyampaikan peluang,  potensi dan optimisme Kabupaten Lingga dibidang pertanian. Nizar juga menyampaikan bahwa sejumlah lahan juga sudah disiapkan untuk mendukung hal tersebut.

Seperti diketahui bahwa TP-PKK Kabupaten Lingga dibawah bimbingan sang istri tercinta, Maratusholiha juga giat aktif mendukung program pertanian di Kabupaten Lingga. Yakni dengan membuat kebun sayuran disekitaran halaman sekretariat TP-PKK Lingga. Bahkan untuk skala yang lebih besar, PKK Lingga juga telah mempersiapkan kebun di wilayah desa Panggak Darat yang pada Sabtu  (20/03/2021) lalu telah dilaksanakan gotong royong di lokasi tersebut.

Bupati Lingga yakin, dengan usaha, doa dan dukungan dari semua pihak, pertanian di Kabupaten Lingga bisa menjadi lebih baik dikedepannya. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *