Gelar Rapat Virtual, Bupati Lingga Pastikan Seluruh OPD Bekerja Optimal

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Dalam rangka memperkuat sinergitas dan memaksimalkan efektifitas kinerja Perangkat Daerah di Kabupaten Lingga, Bupati Lingga Muhammad Nizar dan Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy menggelar rapat koordinasi pada Senin (08/03/2021) sore, secara virtual.

Tampak hadir di ruang rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga Sekretaris Daerah beserta Asisten Pemerintahan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, serta para Kepala Bagian di Sekretariat Daerah. Sementara itu, di lokasi lain hadir para Kepala Perangkat Daerah, Camat serta Lurah yang mengikuti melalui media zoom meeting di masing-masing OPD.

Banyak poin-poin penting yang disampaikan Bupati dan Wakil Bupati Lingga dalam vidcon (video conference) pada sore tersebut, diantaranya mengenai kesiapsiagaan Pemerintah Daerah dalam mencegah maupun menangani Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang belakangan ini menjadi salah satu perhatian Bupati Lingga, mengingat kondisi kering yang dialami Kabupaten Lingga beberapa waktu lalu.

Ia mengajak seluruh OPD untuk bersinergi, memberikan himbauan dan pengumuman terhadap potensi dan resiko yang akan terjadi, sehingga diharapkan timbul kesadaran semua pihak untuk menjaga lingkungan bersama-sama, terutama mencegah terjadinya kebakaran.

Selain itu, ia dalam waktu dekat juga akan dibentuk “Masyarakat Peduli Api” yang akan menjadi  pendukung penting Pemerintah Daerah dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, melalui pembinaan terkait pencegahan kebakaran hutan secara rutin dan berkesinambungan melalui OPD terkait.

Ia juga memastikan, apabila nanti dilapangan didapati ada oknum yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan yang berdampak merugikan lingkungan dan masyarakat, akan segera ditindaklanjuti.

Selanjutnya, Bupati Lingga juga memastikan kesiapan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) yang rencananya akan digelar pada 11 hingga 17 Maret mendatang di Kelurahan Daik, Kabupaten Lingga. Ia berberpesan kepada OPD terkait, agar dalam pelaksanaannya nanti tetap menjaga protokol kesehatan.

“Sebentar lagi kita akan menggelar STQ, saya harap kesiapan kegiatan ini bisa dipertajam dan dimaksimalkan dengan harus dengan tetap menjaga protokol covid-19. Jadi meskipun dalam kondisi seperti ini, kegiatan keagamaan harus bisa berjalan,” ujarnya.

Sementara terkait Kunjungan Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel di Kabupaten Lingga, Bupati dan Wakil Bupati Lingga mengungkapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Sekretaris Daerah, Para Asisten, kepada seluruh OPD, kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa yang telah berupaya semaksimal mungkin dan memberikan pelayanan yang terbaik pada saat kedatangannya.

“Alhamdulilah, kita mendapatkan penyejuk hati dari hasil kunjungan yang beliau lakukan di Kabupaten Lingga, akan diperjuangkan semaksimal mungkin untuk diberikan persembahan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Lingga,” ungkap Bupati Lingga.

Nizar menyampaikan bahwa bapak Rachmat Gobel sudah memberikan jalan bagi Pemkab Lingga untuk mengolah bahan baku sagu dari Kabupaten Lingga menjadi produk “mie sagu” dengan menggandeng UMKM dan para usahawan untuk bersinergi, serta ikut mempromosikan produk mie sagu tersebut nantinya.

“Dalam waktu dekat Bupati, Wakil Bupati, juga besama Ketua DPRD maupun OPD-OPD teknis, kita akan bersilaturahim bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), yang nantinya bersama BBPT inilah kita akan membawa bahan baku sagu kita ini untuk diolah di Bangka Belitung untuk kita jadikan Brand kita,” tambah Nizar.

Setelah brand tersebut berkembang, barulah nanti akan dibangun tempat pengolahannya di daerah kita. “Untuk itu bapak RG berpesan kepada saya agar mempersiapkan lahan potensial yang tidak jauh dari bahan baku sagu itu untuk didirikan pabrik di Kabupaten Lingga.

Berbagai terobosan, peluang dan program unggulan disampaikan Bupati dan Bupati Lingga dalam vidcon tersebut, baik melalui kerjasama antar OPD, maupun antar Pemerintah Daerah dengan Kementerian di pusat. Untuk itu Nizar mengajak seluruh Perangkat Daerah untuk bersinergi, bekerja efektif, dan segera menindaklanjuti arahan-arahan yang diberikan dalam pertemuan secara virtual tersebut, untuk bersama-sama membangun tembok yang kuat untuk membangun kabupaten Lingga.

Jelang berakhirnya pertemuan tersebut, Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy mengajak semua pihak membangun komitmen untuk bersama-sama membangun Kabupaten Lingga, jangan hanya bekerja secara teori, akan tetapi lebih kepada tindakan nyata, agar apa yang sudah dibangun dan direncanakan dapat dinikmati oleh masyarakat. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *