Usulan Kominfo Diterima, Masyarakat Panggak Darat Bisa Nikmati Akses 4G

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Masyarakat Desa Panggak Darat dan sekitarnya kini sudah bisa menikmati layanan 4G dari provider Telkomsel terhitung Minggu (28/02/2021) lalu.

Kabar gembira tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lingga Izjumadillah, pada Selasa (02/03/2021) lalu dikediamannya.

“Peningkatan kualitas sinyal dari 2G ke 4G ini merupakan hasil usulan Kominfo pada akhir tahun 2020 kepada pihak Telkomsel, yang ditandatangani langsung oleh bapak Muhammad Nizar Bupati Lingga, yang waktu itu masih menjabat sebagai Wakil Bupati Lingga,” ungkapnya.

Bahkan dari pemantauan Kabid E-Goverment dan TIK Ady Setiawan di lapangan, didapati bahwa jangkauan 4G menjangkau hingga Kampung Padang pada saat pengecekan pada hari Selasa (02/03/2021) sore.

Peninjauan lokasi tersebut adalah berdasarkan informasi dari pihak Telkomsel bahwa pada hari Minggu (28/02) lalu telah melakukan upgrade dari 2G ke 4G.

“Alhamdulillah sinyal 4G sudah bisa dinikmati hingga Kp.Padang. Jadi sepanjang perjalanan dari Resun hingga ke pusat pemerintahan sudah bisa menikmati jaringan 4G, karena sinyal 4G di Kp.Padang sudah tersambung dengan 4G dari BTS di depan kantor Bupati Lingga,” terangnya.

Ia juga menginformasikan bahwa dari pemantauan di simpang tiga Tugu Desa Resun, kecepatan akses mampu mencapai 30 Mbps.

Kabar upgrade ini juga dibenarkan oleh Kepala Desa Panggak Zulmafriza yang sudah bisa menikmati sinyal 4G tersebut. “Di dalam rumah juga sudah bisa. Alhamdulillah ini sangat membantu apalagi sekarang zamannya daring-daring ini,” ujarnya.

Riza berharap, peningkatan kualitas jaringan menjadi 4G ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Lingga, khususnya di Desa Panggak Darat.

Sementara terkait ada beberapa titik lokasi di Panggak Darat yang jaringannya kadang berubah dari 4G menjadi 2G, Ady menjelaskan mungkin efek dari kondisi tower yang jauh.

“Intinya tower yang di Desa Panggak itu sudah di upgrade 4G. Mungkin tinggal optimalisasi saja. Nanti akan kita minta untuk lebih dikuatkan lagi,” pungkasnya. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *