Usai Potong Pita Pabrik ‘Gunung Daik’, Wakil Ketua DPR RI Kunjungi Sejumlah Situs Sejarah

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Masih dalam rangka kunjungan kerja ke Kabupaten Lingga, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Republik Indonesia (DPR-RI), H. Rachmat Gobel melanjutkan perjalanan ke Ibu Kota Kabupaten Lingga pada Rabu (03/03/2021) pagi.

Naik melalui Pelabuhan Penarik, Bupati dan Wakil Bupati Lingga bersama Wakil Ketua DPR RI segera meninjau Pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Desa Persiapan Cempaka. Kunjungan ini sekaligus untuk meresmikan pabrik air mineral “Gunung Daik” yang menjadi produk unggulan dari PT. Pembangunan Selingsing Mandiri.

Dalam kunjungan tersebut diketahui bahwa pabrik tersebut mampu memproduksi 30.400 cup perhari untuk ukuran botol 240 ml. Sedangkan untuk botol ukuran besar ukuran 330 ml maupun 600 ml, mampu diproduksi hingga 15.120 botol, dengan 7 jam kerja per hari.

Usai peresmian dan melihat langsung proses produksi di pabrik tersebut, Rachmat Gobel beserta rombongan beralih meninjau pabrik pengolahan sagu secara tradisonal di Kampung Seranggung.

Pada kunjungannya tersebut, ia melihat langsung bagaimana sagu diolah di pabrik tersebut hingga menghasilkan tepung sagu. Selain itu, ia juga diperkenalkan dengan produk hasil olahan sagu berupa laksa dan mie dalam kemasan instan.

Beranjak dari lokasi tersebut, Rachmat Gobel meninjau pembangunan lokasi strategis “Daik Bandar Madani” yang kedepannya digadang-gadang akan menjadi salah satu kawasan penggerak ekonomi di Kabupaten Lingga.

Selanjutnya Wakil Ketua DPR RI diajak mengunjungi masjid kuning tanpa tiang, kebanggaan masyarakat Kabupaten Lingga yang dibangun pada tahun 1800an oleh Sultan Mahmud Riayat Syah III, yang lazim dikenal sebagai Masjid Jami’ Sultan Lingga. Tak ingin kehilangan kesempatan, Rachmat Gobel pun menyempatkan diri untuk menunaikan sholat 2 rakaat sembari melihat langsung ke dalam masjid.

Menggetahui di belakang masjid tersebut terdapat makam salah satu Pahlawan Nasional Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia, Wakil Ketua DPR RI ini juga menyempatkan diri untuk melakukan ziarah serta membacakan doa bagi ahli kubur.

Dari lokasi tersebut, selanjutnya rombongan bergerak melewati gerbang Kompleks Istana Damnah untuk melakukan ziarah ke Makam Yang Dipertuan Muda X – Raja Muhammad Yusuf Al Ahmadi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Makam Merah.

Mengingat waktu yang cukup singkat, usai ziarah makam, rombongan langsung bertolak menuju Gedung Daerah Junjung Budaya untuk melanjutkan agenda lainnya. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *