Musrenbang Kecamatan Selayar, Camat Harapkan Uluran Tangan Pemkab

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan yang bertujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas, atau bottom-up.

Hari ini, Musrenbang tingkat Kecamatan Selayar dibuka resmi oleh Pj. Sekda Lingga Syamsudi dengan dihadiri masing-masing OPD dalam upaya menanggapi setiap usulan dari masing-masing desa dan atau instansi se Kecamatan Selayar. Rabu(10/2)

Selain itu Musrenbang kecamatan Selayar ini juga dihadiri oleh para kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan berbagai stakeholder yang terkait dengan pelaksanaan pembangunan di tingkat kecamatan.

Dalam sambutan Sekda Lingga yang membuka resmi Musrenbang ini, dia mengatakan dengan adanya Musrenbang tingkat kecamatan ini diharapkan dapat menjaring aspirasi masyarakat tentang kebutuhan pembangunan pada tahun perencanaan. Sehingga dalam pelaksanaan pembangunan daerah akan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Lingga.

“Dalam Musrenbang kecamatan ini, usulan kegiatan dari tingkat desa akan dilakukan verifikasi terkait dengan kelayakan usulan, baik secara teknis maupun jenis kewenangan. Verifikasi pada Musrenbang tingkat kecamatan dilakukan oleh masing-masing unit Perangkat Daerah terkait yang berada di tingkat kecamatan. Dari proses verifikasi tersebut, akan dihasilkan daftar usulan kegiatan yang selanjutnya akan dibawa ke proses selanjutnya yaitu Forum Perangkat Daerah guna dilakukan sinkronisasi dan verifikasi kelayakan secara lebih lanjut” ujar Syamsudi Pj. Sekda Lingga.

Dia menambahkan, sebelum menentukan pengusulan pembangunan hendaklah masing-masing desa atau instansi terkait mempertimbangkan manfaat dan kegunaannya terlebih dahulu.

Ditempat yang sama pula Camat Selayar M. Saman berharap uluran tangan dari Pemkab Lingga untuk dapat menyambut aspirasi masyarakat Kecamatan Selayar.

“Setiap desa di wilayah Kecamatan Selayar ini semuanya membutuhkan pembangunan, dengan ini kita harapkan masing-masing desa hendaklah mengusulkan pembangunan yang paling diprioritaskan agar pihak Kabupaten dapat menyambut baik harapan kita semua” sebut M. Saman.

Seperti biasanya selesai dibuka secara resmi Musrenbang ini, kegiatan berlangsung dengan sesi usulan dan tanggapan serta pemaparan dari masing-masing instansi terkait. (SMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *