Pjs.Bupati Lingga Dukung Pembentukan Forum BPD Untuk Akselerasi Kemajuan Desa

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Dalam rangka memperkuat koordinasi bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Lingga, Pemkab Lingga menggelar Rapat Koordinasi di ruang rapat kantor Bupati Lingga pada Kamis (15/10/2020) Kegiatan perdana yang berhasil mengumpulkan hampir seluruh Ketua BPD Se-Kabupaten Lingga ini ini sangat diapresiasi oleh seluruh perwakilan BPD dari 75 Desa di Kabupaten Lingga Selain membahas isu-isu penting mengenai BPD dan permasalahan di Desa, momen ini juga dimanfaatkan untuk membentuk forum BPD Kabupaten yang dimaksudkan agar mempermudah koordinasi antar BPD.

Pjs.Bupati Lingga Juramadi Esram yang hadir langsung didampingi oleh Asisten Pemerintahan Rusli memberikan dukungan dan merespon dengan baik terhadap rencana pembentukan forum tersebut. Menurutnya, hadirnya forum sebagai wadah untuk bermusyawarah tersebut telah sesuai dengan akar resam Melayu yang lebih mengedepankan musyawarah dan mufakat dalam menyelesaikan berbagai masalah, apalagi kalau dimaksudkan untuk kemaslahatan masyarakat di desa.

“Karena kita sama-sama dipilih, maka untuk setiap keputusan, haruslah dimusyawarahkan. Apalagi kita di tanah  Melayu ini dan di dalam Islam, semua diselesaikan dengan musyawarah. Ibarat sapu lidi, kalaulah 75 BPD ini dikumpulkan, bersatu padu, InsyaAllah koordinasi akan lebih mudah. Begitu juga dengan solat berjamaah, kalau berdoa bersama-sama, InysaAllah akan cepat diijabah,” kata Pjs.Bupati Lingga.

Ia juga mengajak kepada para Ketua BPD bersama Kepala Desa untuk saling bersinergi menggali potensi-potensi yang ada di Desanya masing-masing, sehingga mampu menjadi daya tarik bagi setiap desa. Misalnya dengan mengelola objek wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan.

“Kalau setiap desa, ada satu saja objek wisata yang potensial, maka akan ada 75 objek wisata di daerah kita. Tinggal bagaimana kawan-kawan bersama masyarakat dan Kepala Desa untuk memulai hal itu. Salah satunya dengan membentuk kelompok sadar wisata. Bisa kita contoh, saat ini di Desa Kelumu sudah ada membuat jembatan mangrove, atau seperti Desa Sedamai,” ujarnya.

Ia menaruh harapan yang besar kepada BPD untuk bisa mengali potensi desa dan ikut menjadi pejuang kemajuan desa.

“Karena ini kampung halaman saya juga, saya harap kampung kita bisa lebih maju. Harapan saya, kepada forum yang akan dibentuk ini, dikedepannya bisa menjadi mitra, bisa menggali potensi desa untuk sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat desa. Mudah-mudahan dengan terbentuknya forum ini, bersama kita wujudkan Lingga terbilang,” pungkasnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Rusli dalam arahannya mengharapkan agar forum ini nantinya betul-betul menjadi wadah yang dimanfaatkan dengan maksimal untuk kemajuan desa.

Ia juga berharap agar BPD dan Kepala Desa bisa menjaga kekompakan dan bisa menyelesaikan persoalan-persoalan di Desa dengan cara bermusyawarah.

Diketahui hadir dalam acara tersebut Kabag Tata Pemerintahan, Kabid PMD, Staf Ahli Pemkab Lingga, serta beberapa anggota BPD. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *