Lingga Pertama seKepri Serahkan LKPD ke-BPK

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Lingga, melalui Wakil Bupati M. Nizar serahkan LKPD TA 2019 ke BPK Kepri di ruang rapat kantor Bupati Lingga. Kamis (12/3)

Wakil Bupati Lingga M. Nizar mengatakan, Pemkab Lingga akan terus memperhatikan dengan serius pengelolaan keuangan daerah, dan tentunya harus sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan.

Dari seluruh Kabupaten/ Kota di Kepulauan Riau, Lingga merupakan Kabupaten pertama yang menyerahkan LKPD kepada BPK Kepri.

Selain itu juga, kedatangan BPK yang dipimpin oleh Bapak Widhi Widayat dan Arief Wasisto Edhi ini juga membawa staff rombongannya.

Tertulis dalam Undang-Undang Nomor 1 tahun 2004 tentang batas waktu penyerahan LKPD ini oleh Kepala Daerah paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Kami akan terus berupaya menjadi lebih baik, semoga hasilnya juga lebih baik,” pungkas M. Nizar saat memberikan sambutan.

Wakil Bupati juga memberikan apresiasi kepada seluruh OPD yang telah bekerjasama untuk menyukseskan dan memudahkan dalam merekap LKPD.

Ditempat yang sama, perwakilan Ketua BPK Provinsi Kepri Widhi menyampaikan bahwa wewenang dan tugas BPK ialah memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan negara (UUD 1945 pasal 23 E, F, G).

“Pemeriksaan ini kita lakukan kepada semua lembaga negara tanpa terkecuali” sebutnya.

“Jadi jangan menganggap kedatangan kami merupakan sebagai adanya penanganan suatu masalah, namun melainkan kami juga perlu melakukan analisis dan memantau proses ini” tambahnya lagi.

Adapun Visi dari BPK ini sendiri yakni menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.

Selain itu, misinya adalah memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri. Dan, melaksanakan tata kelola organisasi yang berintegritas, independen, dan profesional.

Diakhir kegiatan Wakil Bupati Lingga M. Nizar kembali menyampaikan rasa optimisnya bahwa Lingga akan kembali mampu meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). (SMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *