Dinas Pariwisata Kepri Gelar Bimtek dan Sertifikasi Kompetensi SDM Pariwisata Lingga

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Lakukan kunjungan ke Kabupaten Lingga, Dinas Pariwisata Provinsi Kepri buka pelatihan dan sertifikasi kompetensi SDM pariwisata (pramuwisata) di Kabupaten Lingga. Ruang Rapat Bapelitbang, Rabu (4/3)

Pelatihan bimtek dan sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepekaan terhadap kepariwisataan di daerah masing-masing.

Pelatihan ini juga memberikan pengetahuan dasar kepariwisataan kepada lembaga pendidikan, pelatihan, dan industri dalam pengembangan pariwisata.

“Selain itu juga untuk menciptakan kader-kader pariwisata yang berpartisipasi aktif dalam mengembangkan pariwisata kompetensi bidang pariwisata Indonesia di Kepulauan Riau” sebut ketua pelaksana kegiatan yang mewakili Dinas Pariwisata Kepri.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga Raja Fakhrurrazi mengatakan, bahwa Lingga memiliki magnet pariwisata yang luar biasa, mulai dari gunung cabang tiganya, tugu Khatulistiwa, serta destinasi air terjun yang luar biasanya banyaknya.

“Jadi agar lebih dikenal oleh dunia luar destinasi wisata di tempat kita, kita butuh promosi-promosi dan itu tidak lepas dari kerjasama kita semua” sebutnya.

Kadis Pariwisata menambahkan, sasaran kegiatan Bimtek dan sertifikasi ini agar terwujudnya jiwa yang memiliki pemahaman tentang kepariwisataan. Gunanya mempercepat proses perubahan dan pergerakan dalam mensosialisasikan pengembangan pariwisata.

“Sebab pariwisata merupakan salah satu mesin penggerak ekonomi atau penghasil devisa bagi pembangunan ekonomi di suatu negara” tuturnya.

Peran SDM dalam pengembangan pariwisata menjadi faktor yang paling penting karena SDM yang menentukan kenyamanan dan kepuasan para wisatawan.

“Jadi, bisa dipahami bahwa masalah SDM ini merupakan tantangan yang cukup berat karena SDM sangat menentukan segala sesuatu yang berhubungan dengan pariwisata. Lingga harus memiliki ini semua dengan kondisi semakin pesatnya perkembangan pariwisata di Lingga” tegasnya. (SMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *