Pemkab Lingga Segera Akomodir Pembangunan 2021 Melalui Musrenbang

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Dalam rangka menyampaikan usulan masyarakat terkait rencana pembangunan pada tahun 2021 mendatang, Kecamatan Lingga Utara menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) pada Rabu (29/01/2020) pagi di Aula Kantor Camat Lingga Utara di Senanggai.

Hadir pada kesempatan itu anggota DPRD Kabupaten Lingga dari Dapil 1, 2 dan 3 yakni  Said Agus Marli, Tengku Nazwar, Sui Hiok dan Rony Kurniawan. Selain itu juga hadir Lurah Pancur, para Kepala Desa dan BPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda setempat serta perwakilan dari OPD terkait, dan tamu undangan.

Mengawali acara tersebut, Camat Lingga Utara Zulsafri menyampaikan sambutannya dengan harapan agar apa yang nantinya menjadi usulan dari pihak Kecamatan Lingga Utara, bisa terakomodir meskipun tidak seratus persen diterima.

“Kami berharap kepada OPD terkait, agar bisa kiranya memaparkan usulan-usulan tahun sebelumnya yang sudah terealisasi pada tahun 2020 ini, sehingga kami bisa mengusulkan yang baru dan yang belum terealisasi pada tahun ini,” ungkapnya.

Tak banyak bercerita, ia berharap semua usulan prioritas bisa terealisasi pada tahun 2021 mendatang.

Selanjutnya, mewakili Ketua DPRD, Pokyong Kadir Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Lingga mengaku sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan Musrenbang itu.

Ia menghimbau, agar usulan yang masuk pada acara ini adalah usulan-usulan yang sudah merupakan kewenangan Kabupaten saja. Karena untuk kewenangan desa, saat ini sudah dibantu dengan dana desa yang sudah merupakan bantuan dari dana pusat, sehingga dengan demikian usulan-usulan yang masuk bisa terakomodir dengan lebih baik.

“Beberapa waktu lalu kami sudah melaksanakan reses, banyak usulan juga yang sudah kami tampung. Mulai dari jalan, transportasi bus untuk anak sekolah, transportasi laut, pengaspalan jalan, dermaga dan tambatan perahu serta banyak lagi usulan lainnya,” ungkap Pokyong.

Ia juga mengingatkan bahwa kegiatan prioritas yang diusulkan, haruslah merupakan usulan yang langsung menyentuh kepada masyarakat sesuai dengan usulan pada saat pelaksanaan reses DPRD beberapa waktu lalu.

“Sehingga dengan demikian akan mampu sejalan dengan pokok pikiran kami, agar bisa kami kawal bersama. Usulan ini kami harapkan adalah usulan yang bermutu sesuai dengan usulan desa, kelurahan dan kecamatan” kata beliau mengakhiri sambutannya.

Selanjutnya mewakili Bupati Lingga, Asisten Pemerintahan H.Rusli mengapresiasi kekompakan para anggota DPRD dari tiga dapil berbeda yang hadir pada Musrenbang di Lingga Utara tersebut.

Ia berharap, dengan kehadiran lima anggota DPRD dalam acara tersebut, usulan-usulan yang masuk bisa ikut dikawal dan diperjuangkan oleh para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah untuk kemajuan Kabupaten Lingga dikedepannya.

Sementara terkait masalah usulan pembangunan, ia menghimbau kepada pihak Kecamatan untuk tidak berputus asa mengajukan usulan yang belum terakomodir pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kita harus tetap memberikan semangat kepada masyarakat, terutama melalui ujung tombak pembangunan, yakni para kepala desa, sehingga masyarakat senantiasa optimis terhadap kemajuan daerah,” ujarnya.

Rusli juga mengajak semua pihak terkait untuk memaksimalkan yang sudah ada untuk pembangunan kedepan.

“Jadi tetap mengajukan, jangan pernah putus asa. Kalau dulunya belum terakomodir oleh Kabupaten, bisa diakomodir desa dengan dana desa,” ungkapnya.

Intinya, ia berharap agar apa yang dihasilkan bisa diakomodir dan dimanfaatkan dengan baik.

Sementara itu, pada saat yang sama juga berlangsung Musrenbang di Kecamatan Lingga yang dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Siswandi yang bertempat di Aula Hotel Lingga Pesona, serta Musrenbang Kecamatan Lingga Timur oleh Staf Ahli Bupati Lingga Drs. Idrus di Balai Desa Sungai Pinang.(RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *