Bupati Lingga Pimpin Rapat Final Persiapan Pengamanan Semarak Lingga Terbilang

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Perhelatan akbar Semarak Lingga Terbilang tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan di lapangan telah dilaksanakan menyambut hari bersejarah tersebut, demikian pula halnya dengan pengamanan kegiatan.

Untuk memastikan hal tersebut, Bupati Lingga langsung menggelar rapat final koordinasi persiapan keamanan yang dilaksanakan di Gedung Nasional Dabo Singkep pada Selasa (18/11/2019) pagi.

Dalam rapat yang membahas mengenai keamanan acara yang dijadwalkan berlangsung mulai dari tanggal 19 hingga 25 November tersebut, Bupati Lingga menyampaikan bahwa, Kabupaten Lingga akan kedatangan tamu dari berbagai daerah, mulai dari Bupati dan Walikota, Pimpinan DPRD dari berbagai Provinsi, hingga tamu undangan dan pengusaha dalam dan luar negeri. Selain itu juga akan hadir Kepala Staf Kepresidenan bersama menteri Kelautan dan Perikanan serta Menteri Pertanian.

Dalam kunjungannya nanti di Kabupaten Lingga, Kepala Staff Kepresidenan Bapak Moeldoko dijadwalkan akan meresmikan serta meninjau langsung sentra IKM Kelapa, Launching Polteknik Lingga, serta beberapa kegiatan lainnya yang dipusatkan di eks implacement, serta meninjau kebun buah-buahan di Resang, Marok Kecil dan Tanah Putih.

Kemudian menteri KKP yakni Bapak Edhy Prabowo juga dijadwalkan akan melaksanakan peresmian ground breaking tambak udang seluas 836 hektare di Desa Marok Tua.

Dalam rapat tersebut, Kabag Ops Polres Lingga Kompol Rudwiantoro menyampaikan bahwa dalam rangka perhelatan akbar yang dihadiri sejumlah menteri tersebut akan melibatkan ratusan pasukan keamanan yang terdiri dari gabungan antara TNI dan Polri serta dari Satpol PP Kabupaten Lingga.

Selain itu, beliau juga memastikan bahwa pihak Kepolisian mendukung sepenuhnya kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke-16 Kabupaten Lingga, dengan melaksanakan simulasi pengamanan pejabat negara, dan juga melaksanakan Patroli Skala besar yang akan dimulai terhitung tanggal 19 November 2019.

Senada dengan pihak Kepolisian, Mayor Inf. T. Telambanua selaku Pabung 0315 Bintan/Danramil Lingga juga menyampaikan bahwa pihaknya akan menggelar patroli gabungan pada malam hari, dalam rangka menjelang hari jadi Kabupaten Lingga untuk memastikan kondisi aman terkendali.

Selain itu, Kapten (PM) Feri Rungkat (Danden Pomal Lanal Dabo Singkep) menyatakan pihaknya telah menyiapkan sarana patroli laut serta telah menyiapkan anggotanya di pos-pos yang telah ditentukan.

Pada sektor lain, pihak Dinas Perhubungan telah menyatakan kesiapannya terkait transportasi laut dan darat untuk menyukseskan perhelatan Semarak Lingga Terbilang ini.

Demikan halnya pula dengan pihak Dinas Kesehatan yang telah menyiapkan ambulance untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan kesehatan dari para tamu dan undangan.

Nantinya, akan ada berbagai agenda yang dilaksanakan mulai dari ziarah Makam Sultan Mahmud Riayat Syah III di belakang Masjid Sultan Lingga, ziarah ke Makam Bukit Cengkeh, serta melakukan ziarah ke Makam Merah di komplek Istana Damnah. Tidak hanya itu, pada tanggal 20 November 2019 nanti, juga akan digelar rapat Kerja Gubernur bersama Bupati dan Walikota di Gedung Daerah.

Dengan telah dilakanakan rapat final koordinasi ini, diharapkan semua pihak bisa bersinergi untuk memastikan situasi aman dan terkendali, serta diharapkan partisipasi masyarakat untuk mendukung situasi tetap kondusif sebagai cerminan Bunda Tanah Melayu yang aman dan damai.

Diketahui hadir dalam rakor tersebut, Sekda Lingga, Asisten I Setda Lingga, Para Pimpinan dan perwakilan FKPD Se-kabupaten Lingga, serta para Kepala Dinas, Badan dan perwakilan dari Dinas terkait. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *