Dinas Kesehatan Sosialisasi Bahaya Campak Rubella

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga dan Pemerintah Kabupaten Lingga menggelar advokasi sosialisasi dan koordinasi pelaksanaan imunisasi campak dan rubella di Hotel One Dabo Singkep Kabupaten Lingga. Kamis (17/10).

Kegiatan ini diikuti oleh peserta perwakilan ibu-ibu rumah tangga dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga dan juga dihadirkan narasumber dari MUI Provinsi guna menentukan kelayakan halal dan tidaknya obat-obatan yang akan dikonsumsi.

Dalam sambutannya, Kepala bidang pencegahan dan pengendalian penyakit dinas kesehatan Kabupaten Lingga Teddy Andika S.IP, mengatakan sangat pentingnya dilakukan tindakan pencegahan dan sosialisasi terhadap penyakit campak dan rubella ini.

Dijelaskannya bahwa rubella adalah penyakit akut dan ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan, namun penyakit ini dapat dicegah.

“Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella, satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus” jelasnya.

Hal itu lantaran, besarnya efek yang dapat ditimbulkan oleh penyakit tersebut khususnya terhadap balita.

“Penyakit campak dan rubella ini sangat berbahaya karena dapat berakibat kelumpuhan dan bahkan kematian. Olehnya itu diperlukan adanya imunisasi sebagai pencegahan,” katanya.

Dikatakannya lagi untuk itu diperlukan tingkat kewaspadaan dan kesadaran masyarakat untuk melakukan imunisasi.

“Jadi diharapkan dari lintas sektor masing-masing memberikan kontribusi dalam menyebarkan informasi pentingnya imunisasi kepada masyarakat. Diharapkan juga masing-masing pihak agar ikut terlibat dalam pemberian informasi terutama imunisasi MR rubella” harap Teddy. (SMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *