Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan, Tim Surveior Kemenkes RI Kunjungi Puskesmas Lanjut

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Demi meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas di Kabupaten Lingga, Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Kementerian Kesehatan RI melakukan survey lokasi di Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir para Rabu (16/10/2019) malam.

Tim suveior yang diketuai oleh diketuai oleh dr. Sri Agustina Sinuhaji, M.Epid., disambut langsung oleh Camat Singkep Pesisir, Drs.Jasmat, Plt. Kepala Puskesmas Lanjut, Enny Rozanty beserta seluruh pegawai dan staf, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lingga yang diwakili oleh Kabid Pelayanan dan SKD, Fazinawati, Kepala Puskesmas Resang dan Kepala Puskesmas Selayar, kepala Desa Lanjut serta tokoh masyarakat.

Bersama dua rekan rekan lainnya yakni dr. Nita Yulianda dan drg. Adiansyah,M.Kes., tim surveior akreditasi tersebut meninjau langsung keadaan Puskesmas Lanjut untuk melakukan pengecekan terhadap 3 hal. Yakni bagaimana administrasi dan manajemennya; upaya kesehatan masyarakat perorangan dan lintas sekotral dalam upaya peningkatan mutu kesehatan; serta segala hal yang menyangkut pelayanan Puskesmas.

Dalam kunjungannya, dr.Sri Agustina menjelaskan bahwa akreditasi harus dilakukan dalam upaya untuk menuju pelayanan berkualitas yang menjamin perlindungan kepada pasien, serta memberikan payung hukum kepada petugas pelayanan yang telah bekerja sesuai dengan standar operasional.

“Jadi, survei akreditasi ini wajib dilakukan, tujuan utama akreditasi Puskesmas ini adalah agar masyarakat bisa menikmati pelayanan kesehatan sesuai standar. Begitu pula dengan petugas kesehatan, agar bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan SOP,” kata beliau.

Plt. Kepala Puskesmas Lanjut, Enny Rozanty mengungkapkan bahwa kehadiran tim surveior ini  adalah dalam rangka penilaian akreditasi Puskesmas Lanjut yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan mutu kinerja Puskesmas Lanjut, adapun proses penilaian akreditasi oleh tim surveior dari Kemenkes RI ini dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari kedepan.

“Besar harapan kami dengan adanya penilaian dari tim surveior Kemenkes RI ini Puskesmas Lanjut dapat memperoleh nilai yang maksimal dan berharap kinerja petugas kesehatan dalam hal pelayanan kesehatan bisa menjadi lebih baik lagi”, pungkasnya.

Sementara itu, Camat Singkep Pesisir yang hadir pada kesempatan itu berharap agar penilaian terhadap Puskesmas Lanjut bisa menuai hasil yang positif, sehingga kedepannya Puskesmas Lanjut mampu menjadi lebih baik dalam melayani masyarakat.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatanganan fakta integritas oleh Kepala Puskesmas lanjut dan disaksikan oleh Kabid Pelayanan dan SKD dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *