Kabupaten Lingga Raih Penghargaan Terbaik Pengelolaan SIPD Tingkat Nasional

Diposting pada

 

Lingga (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Lingga berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu dari 9 Pemda terbaik dalam melaksanakan pengintegrasian E-Planning Daerah dengan E-Planning SIPD.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam acara Sosialisasi Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah pada Selasa (15/10/2019) pagi.

Adapun kesembilan Pemerintah Daerah yang mendapat penghargaan pada kesempatan tersebut adalah Provinsi Banten, Papua dan Jambi untuk tingkat Provinsi, dan untuk tingkat Kabupaten, selain Kabupaten Lingga, terdapat dua Kabupaten lainnya yang menerima penghargaan itu, yakni Kabupaten Bolaang Mongondow serta Kabupaten Klaten. Sedangkan untuk tingkat Kota, terpilih Kota Makassar, Pagar Alam dan Pekalongan sebagai penerima predikat kota terbaik dalam pengelolaan Sistem Informasi Pemerintah Daerah.

“Pemda yang hari ini dapat Piagam penghargaan, berarti itu yang terbaik. Saya harapkan setelah dapat piagam jangan kena OTT (Operasi Tangkap Tangan) lagi nanti,” kata Tjahjo.

Beliau berharap, dengan adanya pemberian piagam penghargaan kepada sejumlah daerah ini akan mampu memotivasi daerah lain untuk meningkatkan pengelolaan sistem informasi yang semakin baik.

“Tadi Provinsi Papua dan daerah lainnya juga mendapatkan penghargaan sistem yang terbaik, tolong terbuka ini, termasuk semua daerah harus semakin terbuka. Ini yang menjadi perhatian kita semua,” ujarnya.

Ia pun menerangkan bahwa, peluncuran SIPD yang telah terintegrasi antara informasi perencanaan pembangunan dan informasi keuangan daerah ini merupakan upaya Presiden Jokowi untuk membangun hubungan tata kelola pemerintah pusat dengan pemerintah daerah yang semakin efektif dan efisien, serta untuk mempercepat reformasi birokrasi dalam upaya memperkokoh otonomi daerah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga Juramadi Esram yang hadir menerima penghargaan tersebut mengaku bangga dan sangat mengapresiasi kinerja seluruh OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Lingga.

Ia berharap agar predikat tersebut tidak menjadikan Pemkab Lingga berpuas diri, namun terus berupaya mempertahankan dan mengupayakan peningkatan kualitas dalam pengelolaan Sistem Informasi Pemerintah Daerah pada masa yang akan datang.

Untuk diketahui, dalam acara sosialisasi yang digelar di Ballroom Hotel Grand Paragon, Jakarta tersebut, juga dilakukan peluncuran Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang didampingi ketua KPK Agus Rahardjo dan Dirjen Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kemendagri, Hudori yang dalam hal ini sekaligus  mencabut Permendagri Nomor 98 Tahun 2018 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *