Sekda Lingga Buka Workshop RTP

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Juramadi Esram menghimbau kepada semua pihak dalam Lingkup Pemkab Lingga agar berusaha lebih keras untuk meningkatkan kinerja dengan cara mengimplementasikan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah secara konsisten dan akuntabel.

Pernyataan tersebut beliau sampaikan saat membuka Workshop Penyusunan RTP Peningkatan Maturitas SPIP Menuju Level III di Lingkungan Pemkab Lingga yang digelar di ruang rapat Kantor Bupati Lingga, Selasa (1/10/2019) siang.

Acara yang dijadwalkan berlangsung hingga tanggal 3 Oktober tersebut memiliki maksud dan tujuan untuk memberikan acuan dan gambaran kepada pimpinan serta pegawai di lingkungan pemerintahan Kabupaten Lingga dalam rangka membangun pengendalian yang diperlukan untuk mencegah penyimpangan dan atau mempercepat keberhasilan pencapaian tujuan pembangunan.

Kegiatan ini akan menghasilkan dokumen yang berisi gambaran dari efektifitas, struktur, kebijakan dan prosedur organisasi dalam mengendalikan resiko, perbaikan pengendalian yang ada, serta pengkomunikasian dan pemantauan pelaksanaan perbaikan yang ditujukan sebagai action plan atau rencana tindak penguatan SPIP, baik dalam bentuk pembangunan lingkungan pengendalian, maupun infrastruktur kebijakan pengendalian yang akan dilaksanakan oleh pimpinan dan para pegawai di lingkungan Pemkab Lingga.

Lebih jauh Sekda Lingga mengarahkan bahwa penerapan SPIP tersebut bukan hanya sekedar formalitas untuk memenuhi ketentuan perundang-undangan saja, tetapi haruslah ditetapkan sebagai suatu budaya atau kultur pengendalian yang menjadi bagian budaya kerja organisasi.

“Maka dari itu, setiap perangkat daerah wajib menyelenggarakan SPIP ini secara menyeluruh, sehingga program dan kegiatan dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan dapat dipertanggungjawabkan secara kinerja maupun keuangan”, kata Sekda Lingga menegaskan.

Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada para nara sumber yang hadir pada acara tersebut, dengan harapan agar semua bimbingan dan pembinaan yang diberikan pada workshop tersebut nantinya akan membawa Kabupaten Lingga menuju level yang lebih baik.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh BPKP Wilayah I bekerjasama dengan Inspektrorat Kabupaten Lingga ini menghadirkan tiga nara sumber dari BPKP yakni Suaman, Yuniar dan Efridinata Putra. Selain itu tampak pula hadir Inspektur Wilayah I, Gunawan; dan Inspektur Kabupaten Lingga, Said Sudrajat serta para  peserta workshop dari berbagai OPD di lingkungan Pemkab Lingga.

Dengan telah dibukanya kegiatan tersebut secara resmi, Said Sudrajat berharap SPIP Kabupaten Lingga yang semula berada di level 2 bisa meningkat menjadi level 3 pada tahun 2020 mendatang. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *