Pemkab Lingga Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2019, pemkab Lingga menggelar upacara di lapangan kantor Bupati Lingga.

Dalam surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 109497/MPK.E/TU/2019 tanggal 24 September 2019, disebutkan bahwa Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2019, diselenggarakan secara nasional dengan tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”.

Sejumlah pejabat dan tamu undangan tampak hadir pada upacara tersebut, mulai dari Anggota DPRD Kabupaten Lingga, Perwakilan Danramil Daik Lingga, Perwakilan Danlanal Dabo Singkep, Kakan Kemenag Lingga, Asisten Ekonomi dan Pembangungan, Asisten Administrasi Umum, Kapolsek Daik, Ketua GOW Kabupaten Lingga, para kepala OPD, serta tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat.

Pantauan di Lapangan, apel berjalan dengan hikmad. Ratusan peserta yang terdiri dari anggota kepolisian, satpol PP, Damkar, organisasi kepemudaan, ASN serta PTT dan THL yang terbagi ke dalam lima pleton juga turut hadir mengikuti upacara tersebut.

Bertindak selaku Inspektur pada upacara yang digelar Selasa pagi tersebut adalah Wakil Bupati Lingga M.Nizar, S.Sos., dan pembaca naskah ikrar oleh Ketua DPRD Kabupaten Lingga, yang dalam hal ini diwakili oleh saudara Aziz Martindas.

Meski tanpa diisi dengan amanat dalam upacara tersebut, namun pesan-pesan dalam ikrar dan hening cipta yang terlaksana dalam upacara tersebut telah mewakili arti pentingnya mengisi kemerdekaan dengan pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga pengorbanan para pahlawan mempertahankan NKRI dan Pancasila tidak sia-sia dan akan selalu diingat oleh para penerus bangsa. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *