Jelajahi Lingga, Bupati Tawarkan Sejumlah Titik Potensial Investasi

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Pasca kunjungan para investor RRC pada Sabtu (21/09/2019) di pulau Singkep, Pemkab Lingga jua menawarkan beberapa lokasi yang berpotensi lainnya di pulau Lingga.

Bupati Lingga yang juga turun langsung memimpin rombongan tersebut mengajak para investor meninjau beberapa lokasi strategis yang berpotensi untuk pengembangan.

Dalam kunjungan itu, rombongan investor yang berjumlah 11 orang tersebut tampak antusias menjalani pengalaman baru turun naik bukit menyusuri lokasi perkebunan di bibir pantai, serta menyaksikan hamparan pasir putih dan ombak masih asri.

Tidak sampai disitu, mereka juga diajak mencicipi langsung buah-buahan tropis seperti rambutan dan jambu air, serta melihat buah sirsak langsung dari pohonnya yang mungkin belum pernah mereka saksikan di negara asalnya.

Tampak ketertarikan para investor menjajal pengalaman tersebut, ditambah lagi dengan beberapa penjelasan oleh Bupati Lingga yang meyakinkan para pengusaha perkebunan itu untuk jua menanamkan modalnya di lokasi yang sangat berpotensi untuk perkebunan tersebut.

Selanjutnya, setelah puas mengeksplorasi sejumlah titik diperkebunan, rombongan Bupati Lingga dan para investor asal RRC tersebut beranjak menuju ke Desa Seranggung, tepatnya di Pabrik Pengolahan Sagu, Seranggung Jaya.

Meskipun masih diolah dengan cara konvensional, namun produk tepung sagu ‘Pulau Lingga’ yang terkenal dengan tepung yang putih bersih tersebut, nyatanya telah lama mampu memenuhi kebutuhan di Kabupaten Lingga, bahkan sampai dipasarkan hingga keluar daerah.

Pada kunjungan ke pabrik sagu itu, mereka menyaksikan langsung bagaimana mekanisme pengolahan sagu tradisional di Kabupaten Lingga.

“Proses pengolahan sagu ini memerlukan sentuhan modern untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat” kata Saptono Mustaqim yang jua ikut dalam rombongan.

Bupati Lingga, menawarkan kepada para investor untuk mengolahnya secara modern jika sekiranya mereka berminat. “Mereka punya pasarnya, mereka juga bisa mendatangkan mesin modern kesini, dan kita akan siapkan untuk produksinya,” kata beliau meyakinkan salah seorang pengusaha pemilik pabrik tepung pembuatan mie asal RRC tersebut.

Kemudian rombongan juga diperkenalkan oleh Bupati Lingga kepada tumbuhan sagu yang berada di sepanjang jalan menuju Desa Panggak Laut. Mereka pun sempat melihat-lihat batang-batang sagu yang telah ditebang berjejer dipinggir jalan.

Setelah menjelajahi beberapa lokasi tersebut, para rombongan diajak beristirahat sembari mencicipi segarnya air kelapa lokal, dengan suguhan beberapa kuliner yang terbuat dari bahan dasar sagu, seperti kue bangkit dan keripik sagu lenggang. Tampak kekaguman mereka terhadap produk home industry hasil olah sagu di Kabupaten Lingga ini.

Akhirnya, setelah puas mengeksplorasi lokasi yang berpeluang untuk dikembangkan, Bupati Lingga mengantarkan rombongan bertolak kembali ke negara asal mereka, melalui pelabuhan Sungai Tenam sore ini (22/09/2019).

Beliau berharap, dengan adanya kunjungan ke sejumlah titik strategis di Kabupaten Lingga ini, para investor tersebut semakin yakin untuk berinvestasi di Bunda Tanah Melayu.

“Kita akan pastikan persiapan kebutuhan dan kemudahan investasi di Kabupaten Lingga”, tutup Bupati Lingga. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *