Pemkab Lingga Gelar ‘Semarak Muharram’ sambut Tahun Baru Islam

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Menyambut datangnya 1 Muharram 1441 Hijriyah, Pemkab Lingga melalui Bagian Kesra Setda Lingga menggelar “Semarak Muharram 1441 H / 2019 M” pada hari Jum’at (30/08/2019).

Acara yang diselenggarakan di Gedung Nasional Dabo Singkep tersebut dihadiri oleh Asisten II Setda Lingga, Kakan Kemenag Lingga, Ketua MUI, Kepala Pengadilan Agama Dabo Singkep, Kabag Kesra, para Camat dan Lurah, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Adapun kegiatan ini terselenggara berdasarkan dokumen pelaksanaan anggaran bagian Kesra Setda Lingga nomor 24.01/DPA/I/2019 tanggal 3 Januari 2019, serta berdasarkan surat Keputusan Bupati Lingga Nomor : 30/KPTS/VII/20119 tanggal 15 Juli 2019 tentang pembentukan panitia dan dewan juri paa kegiatan tersebut.

Dalam Semarak Muharram ini, dijadwalkan akan dilaksanakan ragam lomba kegiatan Islami bagi siswa SD, SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten Lingga yang akan dipusatkan pelaksanaannya di Gedung Nasional Dabo Singkep.

Selain itu pula, akan dilaksanakan Tabligh Akbar dalam rangka menyemarakkan pergantian tahun baru Islam dengan menghadirkan Da’i penceramah dari Provinsi Kepri, yakni KH. Lukman Hakim dari kota Batam.

Dengan mengangkat tema “Menjadikan Generasi Islam yang Qur’ani dan Berakhlakul Karimah” tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menjalin dan menguatkan silaturahim sesama pelajar baik itu tingkat SD, SMP dan SMA sederajat maupun antara masyarakat Kabupaten Lingga. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah bagi anak-anak yang kelak akan menjadi calon pemimpin masa depan, yang segala tindak tanduknya mampu menjadikan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai landasannya.

Total peserta yang akan mengikuti lomba pada rangkaian acara Semarak Muharram ini diketahui berjumlah 105 orang yang terbagi dalam beberapa cabang lomba diantaranya Lomba Da’i Cilik tingkat SD, Lomba Azan tingkat SMA, Lomba Da’i Remaja tingkat SMP dan SMA, serta Lomba Sholawat tingkat SMP dan SMA.

Lomba dijadwalkan akan berlangsung selama 2 hari di Gedung Nasional, mulai tanggal 30 hingga 31 Agustus 2019. Sedangkan untuk pengumuman pemenang dan pembagian hadiah akan disejalankan dengan pelaksanaan Tabligh Akbar yang akan digelar di Masjid Az-Zulfa Dabo Singkep pada 31 Agustus 2019 ba’da Isya.

Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan posisif dibidang keagamaan ini, akan tercipta masyarakat yang berakhlakul karimah serta menjunjung persatuan dan kesatuan antar umat beragama. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *