Dinas Perikanan Kabupaten Lingga Gelar Lomba Masak Serba Ikan

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Perikanan buka lomba masak serba ikan yang diikuti oleh 13 PKK Kecamatan Se-kabupaten Lingga.

Kegiatan yang bertemakan “Ragam menu masakan ikan untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stunting, dan mencerdaskan anak” ini disambut antusias oleh ibu- ibu PKK dari masing-masing Kecamatan.

Saat diwawancarai, Salah satu juri lomba Hijah Zuliar mengatakan agar ibu- ibu tetap memberikan gizi yang seimbang untuk keluarga, dan memberi masakan yang mengandung komponen gizi.

“Ikan itu lebih bagus, mengandung protein dan gizi yang tinggi” sebutnya.

Ditempat yang sama, Kadis Perikanan H. Kasiman mengatakan melalui lomba masak serba ikan dan lomba UMKM Unit Pengolahan Ikan, diharapkan dapat sebagai implementasi dari kegiatan GEMARIKAN (gerakan memasyarakatkan makan ikan).

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan konsumsi ikan, meningkatkan permintaan atau produk perikanan dan meningkatkan asupan gizi masyarakat yang berasal dari ikan,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya dengan adanya lomba ini diharapkan dapat meningkatkan keahlian dan wawasan masyarakat, khususnya kader PKK dan peserta lomba lainnya, agar dapat menyajikan makanan yang berkualitas dari bahan baku ikan dengan memperhatikan prinsip beragam, Bergizi, berimbang, sehat, aman dan halal.

”Dengan lomba ini kita harapkan mampu melahirkan produk-produk pengolahan hasil perikanan oleh UMKM yang inovatif, bermutu dan berdaya saing. Disisi laim juga mampu melahirkan UMKM produk pengolahan hasil perikanan yang mampu membangun market intelegensi dengan harapan dapat meningkatkan dan memeratakan konsumsi ikan masyarakat,” ungkapnya.

Setelah melalui hasil penilaian oleh para juri yang berkompeten dibidangnya, akhirnya diperolehlah pemenang dalam lomba ini. Juara Pertama jatuh pada Kecamatan Senayang, Juara 2 Kecamatan Lingga Timur dan Juara 3 Kecamatan Selayar.

Pemenang dari lomba ini akan mewakili Lingga pada lomba di tingkat provinsi dan bahkan akan dilanjutkan ke tingkat nasional.

Hadir pada acara lomba ini, Kadis Perikanan, Ketua GOW Kabupaten Lingga, Kadis Sosial, Camat Se-Kabupaten Lingga, Tokoh masyarakat serta para peserta lomba dari setiap PKK Kecamatan Se Kabupaten Lingga. (SMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *