Isak Tangis keluarga Lepas Calon Haji Kabupaten Lingga

Diposting pada

Lingga (Media Center) – “Labbaika Allahumma labbaik, Laa syariika laka labbaik. Innalhamda wan-ni’mata laka wal mulk, laa syariikalak.” Bergema talbiyah oleh ustad Arifin yang senantiasa diseru, memenuhi segenap sisi ruang masjid. Ia merupakan kalimat syarat makna, yang didalamnya terkandung komitmen dan ketaatan terhadap penghambaan yang kontinyu kepada Allah Azza Wa Jalla.

Sedari Subuh, sejumlah masyarakat dan sanak famili dari para Jemaah Calon Haji telah memenuhi halaman masjid Azzulfa untuk mengantarkan saudaranya memenuhi panggilan Allah. Kemudian, pada pagi harinya, seluruh rombongan JCH mula bertolak ke pelabuhan Jagoh dengan diiringi tabuhan rebana dan isak tangis haru masyarakat yang tak ikut mengantarkan hingga ke pelabuhan.

Sayup-sayup terdengar kumandang azan dari kejauhan, mengantarkan kepergian para tetamu Allah tersebut, dengan iring-iringan mobil pengawal, mobil ambulance, mobil para pengantar dan bus yang membawa para jamaah memenuhi sepanjang jalan dari Dabo ke Pelabuhan Jagoh.

Semua pihak ikut mendukung memberikan rasa nyaman kepada para tamu Allah ini. Hal ini ditunjukkan dengan pengawalan yang ektra ketat dari Polres Lingga, Kemenag Lingga, Staf Kesra, Satpol PP, petugas Dishub, staff Protokoler dan Humas Setda Pemkab Lingga serta dibantu juga oleh aparat Desa Jagoh.

Karena koordinasi yang sangat baik antara semua pihak, maka mulai sepanjang jalan sampai di pelabuhan Jagoh, para jamaah mendapatkan prioritas utama sehingga tidak ditemui adanya hambatan dalam perjalanan mereka.

Turut serta dalam rombongan tersebut, Wakil Bupati Lingga beserta istri, Asisten II Sekda Lingga, Anggota DPRD Kabupaten Lingga Komisi III, Kabag Kesra, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Lingga dan Ketua MUI Kabupaten Lingga yang dijadwalkan akan mengantarkan Jemaah Calon Haji asal Kabupaten Lingga hingga sampai di Batam.

Setibanya di ujung pelabuhan, ciuman dan pelukan yang sangat erat dari sanak keluarga semakin menambah haru saat itu. Seakan perjalanan ini merupakan kepergian selamanya, sehingga tampak para keluarga seakan tidak mau melepaskan, membuat semua yang melihatnya juga larut dalam suasana haru.

Selanjutnya diinformasikan kepada kami, saat para rombongan telah tiba di Batam, selanjutnya akan diantarkan menuju Asrama Haji, Batam Center untuk diinapkan selama satu hari.

Menurut informasi yang kami peroleh dari Kemenag Lingga, terbitnya Surat Perintah Masuk Asrama (SPMA) terhitung mulai tanggal 5 Juli 2019 pada pukul 08:00 WIB. “Untuk hari pertama ini, segala bentuk pembiayaan ditanggung oleh Pemkab Lingga, namun pada esok harinya sesuai dengan SPMA tersebut, para JCH sudah menjadi tanggungjawab panitia embarkasi Batam” kata Jai, sapaan akrab Humas Kemenag Lingga ini.

Beliaupun mengabarkan bahwa, tujuan diinapkannya rombongan tersebut adalah untuk memberikan kesempatan kepada para JCH untuk beristirahat setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, mengingat kondisi laut yang sedang tidak bersahabat akhir-akhir ini.

Beliau menambahkan bahwa, JCH asal Kabupaten Lingga yang tergabung dalam kloter pertama akan diberangkatkan dengan menggunakan menggunakan maskapai penerbangan dari Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5005 tujuan bandara AMMA Madinah, yang akan diberangkatkan pada hari Sabtu, 6 Juli 2019 pukul 06:00 WIB dan akan tiba pada tanggal yang sama pukul 10:35 waktu setempat.

Informasi terakhir yang diperoleh dari kru kami di lapangan, pada saat dalam perjalanan tadi, meskipun dalam kondisi cuaca yang cerah, namun kapal yang ditumpangi para Jemaah Calon Haji Kabupaten Lingga sempat menghadapi gelombang yang agak kencang.

Untuk itu, mari kita doakan orang tua kita, saudari-saudari kita, para Jemaah Calon Haji kita agar senantiasa diberikan kekuatan, kesehatan dan keihklasan sehingga bisa menjalankan semua rangkaian ibadah haji dengan maksimal serta bisa berkumpul kembali ke Tanah Air dengan membawa haji yang mabrur, aamiin. Selamat jalan para Tamu Allah, semoga keselamatan kalian selalu dalam genggamanNya. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *