Pemkab Lingga Buka Bimbingan Manasik Jamaah Calon Haji

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Kesra Kabupaten Lingga buka Bimbingan Manasik Jamaah Calon Haji Kabupaten Lingga Tahun 1440 H / 2019 M. Hotel Gapura Dabo Singkep, Rabu (26/06/2019).

Kegiatan ini dibuka Oleh Staff Ahli Kabupaten Lingga Abu Hasim yang mewakili Bupati Lingga dan Wakil Bupati Lingga dan turut hadir Kabag Kesra Kabupaten Lingga serta seluruh jamaah haji yang akan berangkat dalam waktu dekat ini.
Dalam Sambutannya Abu Hasim membacakan Firman Allah SWT Surah Al Baqarah Ayat 196.

“Dan sempurnakanlah ibadah haji dan ‘umrah karena Allah. Jika kamu terkepung (terhalang oleh musuh atau karena sakit), maka (sembelihlah) korban yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum korban sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antaramu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu ia bercukur), maka wajiblah atasnya berfidyah, yaitu: berpuasa atau bersedekah atau berkorban” tutur Abu Hasyim membacakan terjemahan ayat tersebut.

Lebih lanjut dia mengungkapkan inti dari pelaksanaan ibadah Haji dan Umroh ialah Mendapatkan Ridho Allah SWT, Merbanyak sedekah yang bisa dilakukan dengan memotong hewan Qurban serta cara-cara lainnya sesuai syariat dan hukum-hukum islam, kebersihan diri baik jasmani maupun rohani.

“Dari tiga poin tersebut, maka poin ketigalah poin penentu dari semua jenis ibadah yang kita lakukan yakni harus bersih jasmani dan rohani” jelasnya.

Abu Hasim menambahkan, membersihkan jasmani itu tidak cukup hanya dengan mandi dan berwudhu pada waktu-waktu tertentu saja, tapi harus setiap saat menjaga seperti ketika saat hendak keluar rumah perlu kita untuk berwudhu juga.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan disimak dengan hikmat oleh para jamaah calon haji saat mendengar penyampaian dari narasumber kegiatan yang berisi pesan-pesan jika saat akan berangkat dan saat melaksanakan ibadah haji nantinya. (SMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *