Pemkab Lingga Capai Komitmen Bersama ‘Desa Sejahtera Astra’

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Bupati Lingga, H.Alias Wello, didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lingga, menghadiri acara Getting Commitment dan Kick Off Desa Sejahtera Astra 2019  yang ditaja oleh Kemendesa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. (25/06/2019)

Bekerjasama dengan PT. Astra Internasional Tbk, acara yang bertempat di Catur Dharma Hall Lantai 5 Menara Astra,  Jakarta ini dihadiri oleh sejumlah kepala daerah dari beberapa Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia.

Selain mendengarkan pemaparan mengenai program Desa Sejahtera Astra 2019, pada acara tersebut juga dijadwalkan akan dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman antara Kemendesa, Pemerintah Daerah dan PT. Astra Internasional terkait program Desa Sejahtera tersebut.

Deputi Chief of Corporates Affairs PT Astra International Tbk, Riza Deliansyah mengakui, acara ini terselenggara dengan komitmen bersama dan harapan agar semua pihak bisa saling bertukar pengalaman terkait Environment Social Responsibility (ESR).

Dody Suhendra, selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lingga mengabarkan bahwa, pada intinya Lingga dipilih sebagai salah satu daerah pengembangan program desa sejahtera Astra 2019 dari sekian banyak kabupaten kota yang terpilih.

Sampai dengan tahun 2018, eksisting program sudah ada 370 desa di 22 propinsi, hingga 2019 di target 645 desa dari seluruh propinsi se-Indonesia. Program ini adalah sebagai bentuk keberpihakan dan kemitraan stake holder, terutama kementrian desa, PT Astra Internasional, daerah dan desa terhadap keinginan mewujudkan desa yang sejahtera dan meraih tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Perlu diketahui bahwa, program Desa Sejahtera Astra ini berfokus pada pengembangan program kewirausahaan berbasis masyarakat, dengan mengoptimalkan potensi ekonomi lokal dan potensi produk unggulan kawasan perdesaan, yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Pada pelaksanaannya di lapangan, ada beberapa langkah konkrit yang  ditempuh dalam program tersebut, yakni Pelatihan dan Pendampingan; Penguatan kelembagaan; Bantuan sarana dan prasarana; serta pemberian Fasilitas modal dan pemasaran.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo, yang hadir sebagai keynote speaker mengucapkan terima kasihnya pada pihak Astra yang dalam hal ini diwakili oleh diwakili oleh deputi chief corporate affair PT.  Astra Internasional Tbk, Riza Deliansyah, atas berlanjutnya program Desa Sejahtera Astra 2019 ini.

Menurut beliau, program ini akan sangat membantu pemerintah pusat dalam menyejahterakan desa-desa di seluruh Indonesia, karena hingga saat ini masih ada ribuan desa di Indonesia yang masih dalam kondisi tertinggal

Pemkab Lingga sendiri berharap, bantuan, pelatihan dan pendampingan ini bisa menjadi stimulan untuk memajukan desa-desa yang masih tertinggal untuk bisa bersaing dan berkembang di masa yang akan datang. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *