RSUD Encik Mariyam Siap Jalani Penilaian Akreditasi

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Setelah pada malam harinya pemkab Lingga bersama dengan pihak RSUD Encik Mariyam melaksanakan temu ramah bersama tim Akreditasi Rumah Sakit, hari ini secara resmi dilaksanakan penilaian akreditasi dari tim tersebut.

Acara pembukaan yang berlangsung di halaman depan RSUD Encik Mariyam ini berlangsung dengan penuh semangat oleh seluruh pegawai yang bertugas pada hari ini. Mulai dari Tim Dokter, Perawat, Bidan, bahkan staf administrasi dan security pun turut antusias menyukseskan acara.

Kedatangan Tim Akreditasi Rumah Sakit yang dipimpin oleh dr.H.Riza Iriani Nasution, Sp.A tersebut, diterima langsung oleh Wakil Bupati Lingga, didampingi oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Encik Mariyam. Kemudian dilanjutkan dengan tarian persembahan, serta pemasangan tengkolok dan tudung manto, sebagai tanda penghormatan dan ucapan selamat datang kepada mereka, di negeri Bunda Tanah Melayu. (20/06/2019)

Setelah penyambutan tersebut, seluruh tim beranjak ke Ruang Pertemuan untuk mendengarkan pemaparan mengenai gambaran umum persiapan akreditasi RSUD Encik Mariyam. Dalam suasana penuh hikmat, acara diawali dengan penyampaian safety brifing oleh Ando sebagai perwakilan dari RSUD Encik Mariyam. Lalu diteruskan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai pembangkit semangat kebangsaan.

Selanjutnya, penyampaian sambutan oleh dr.Suryadi, selaku Direktur RSUD Encik Mariyam. Dalam sambutannnya terlebih dahulu Ia menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang sudah berperan aktif untuk menyukseskan berjalannya acara itu, baik dari dalam, maupun dari luar RSUD yang juga ikut berperan serta membantu membantu pihak rumah sakit selama persiapan akreditasi itu. Beliau juga tak lupa mengucapkan selamat datang, kepada tim akreditasi ke RSUD Encik Mariyam yang dipimpinnya.

Pada kesempatan ini, beliau pun memohon teguran dan masukan, sekiranya selama perjalannya proses penilaian nanti ada ditemukan kekurangan dan kesalahan. “Jika ada sesuatu yang salah, mohon beritahu kami, karena itu penting untuk perbaikan kami kedepannya. Dan berikan kesempatan kepada kami untuk terus berbenah dan memperbaiki kekurangan,” ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh bawahannya, agar apapun hasilnya nanti yang diberikan oleh Tim Akreditasi, mereka harus tetap semangat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Selanjutnya, penyampaian sambutan oleh dr.H.Riza Iriani Nasution, Sp.A selaku ketua Tim Akreditasi Rumah Sakit. Beliau terlebih dahulu mengapresiasi penyampaian sambutan oleh Direktur RSUD Encik Mariyam.  Beliau menyebutkan, kedatangan mereka ini adalah untuk melakukan standardisasi Rumah Sakit. Karena menurutnya, dimanapun rumah sakitnya di NKRI, ada standar yang harus dipenuhi untuk mencapai akreditasi.

Bukan hanya sertifikat yang harus kita peroleh, tapi lebih kepada bagaimana pihak rumah sakit memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Akreditasi ini tidak hanya sampai disini, tapi satu tahun bahkan beberapa tahun kedepannya akan dinilai terus menerus secara berkesinambungan. Jadi sekiranya ada yang belum baik, kita perbaiki,” ungkapnya.

Selanjutnya pemaparan oleh Direktur RSUD Encik Mariyam Kabupaten Lingga. Dalam presentasinya, ia memaparkankan mengenai kondisi dan perkembangan serta persiapan RSUD Encik Mariyam dalam menghadapi akreditasi tersebut.

Sejarah awal berdirinya RSUD Encik Mariyam, dimulai dengan berdirinya puskesmas Daik di lokasi rumah sakit tersebut berdiri saat ini, kemudian diberikan bantuan oleh Pemerintah pusat, berupa kontainer-kontainer yang dilengkapi dengan ragam fasilitas kesehatan, sehingga berubah namanya menjadi, Rumah Sakit Lapangan. Kemudian, dalam perjalannya kembali terjadi perubahan nama, yakni  menjadi Rumah Sakit Umum Lapangan, dan kemudian beralih menjadi Rumah Sakit Umum Daik. Hingga pada akhirnya berdasarkan kesepakatan bersama pemerintah daerah, diperolehlah nama Rumah Sakit Umum Daerah Encik Mariyam hingga sampai sekarang ini.

Maksud dari penggunaan nama Encik Mariyam tersebut, menurut penjelasan dari dr.Suryadi, adalah sebagai rasa terimakasih dan untuk mengenang jasa Encik Mariyam selama masa kerajaan Melayu pada masa silam.

Adapun visi dari RSUD Encik Mariyam adalah untuk terwujudnya Rumah Sakit yang nyaman dan aman untuk menuju masyrakat Lingga yang sehat. Beliau juga mengharapkan tercapainya misi-misi Rumah Sakit Umum Daerah Encik Mariyam yang salah satunya adalah untutk menadkan RSUD Encik Mariyam sebagai pusat rujukan kesehatan masyarakat di Kabupaten Lingga dimasa yang akan datang.

“Kami sudah berusaha dan berbuat dengan kompak dan semangat, namun demikian kami mengakui masih ada kekurangan dibeberapa bidang. Namun kami punya tekad dan semangat untuk berubah ke arah yang lebih baik. Beri kami masukan-masukan dan kesempatan untuk melakukan perbaikan” ujar dr.Suryadi.

Menanggapi penjelasan dari Direktur RSUD Encik Mariyam tersebut, pihak tim surveior mengaku sangat tertarik dengan kontainer-kontainer tersebut. “Selama ini yang pernah saya baca, ada rumah sakit apung, namun di Lingga ada rumah sakit dari kontainer ya. Ini sangat menarik untuk mendapatkan penjelasan,” ungkap H.Dedy Ahmad Sumaedi,S.Kep, Ners, M.Kep.

Meskipun masih ada kekurangan disana sini, pihaknya berharap kepada seluruh tim Rumah Sakit yang sudah susah payah mempersiapkan hingga hari ini agar tetap semangatt dan jangan pesimis.

“Akreditasi bukan untuk dipelajari, tapi untuk diterapkan. Tetap semangat, Pak !” kata dokter Riza memberikan dukungan kepada Direktur RSUD Encik Mariyam.

Terkait pengurusan IPAL yang masih berjalan, pihak RSUD berkomitmen dalam waktu dekat akan dapat menyelesaikan dan melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada demi tercapainya akreditasi seperti yang diharapkan.

Diketahui hadir pada acara tersebut drg.A.A.A.Artiningsih,MARS salah satu dari tim suveior RSUD Encik Mariyam, Ibu Wakil Bupati Lingga, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, serta Kabid dan Kasi di RSUD Encik Mariyam. (RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *