Sambut Ramadhan, Kesra Sampaikan Himbauan Kepada Masyarakat

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah, maka pemkab Lingga melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga mengeluarkan beberapa himbauan, guna tercipta suasana Ramadhan yang damai dan penuh berkah.

Adapun himbauan tersebut adalah melaksanakan berbagai bentuk ibadah dengan cara memakmurkan masjid, serta menjauhi perbuatan yang dapat merusak ibadah dan berujung menghapus pahala puasa. Kemudian dihimbau juga kepada seluruh aparat Kepolisian, Satpol PP dan Linmas agar senantiasa menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan lingkungan masyarakat selama bulan Ramadhan.

Juga dihimbau kepada para pengurus masjid dan surau agar senantiasa memelihara kebersihan dan keindahan lingkungan masjid dan surau dengan membuat program keagamaan dalam upaya pembinaan jamaah melalui pesantren kilat, tahfiz, tahsin serta kegiatan ibadah lainnya, dengan tetap menjaga toleransi terhadap sesama umat beragama.

Terkait toleransi tersebut, ditekankan kepada masjid atau surau yang menggunakan pengeras suara saat tadarus Al-Qur’an agar menggunakan dengan bijak volume pengeras suaranya, serta membatasi penggunaan mikrofon hingga pukul 24:00 WIB agar tidak menggangu waktu istirahat tetangga masjid.

Selain itu, bagi para remaja masjid juga diminta agar mempernyak ibadah demi syiar Islam, serta menjauhi perbuatan dan perilaku yang dapat merusak kesucian bulan Ramadhan, seperti balap-balapan, membakar petasan serta kegiatan sejenisnya. Juga dihimbau kepada pemilik tempat hiburan seperti karaoke, cafe dan billyard agar tutup selama bulan suci Ramadhan.

Khusus bagi pemilik usaha rumah makan, warung dan kedai kopi, dihimbau tutup total pada minggu pertama Ramadhan, dan mulai beroperasi pada pukul 16:00 WIB hingga sampai batas waktu Imsak, yakni sekitar pukul 05:00 Wib. Sedangkan pada minggu kedua hingga minggu ke empat, diperbolehkan buka seperti biasa tanpa menggunakan tabir atau penutup.

Dengan momentum Ramadhan ini juga, dihimbau kepada ulama dan mubaligh agar memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk peningkatan dakwa Islam dengan menyampaikan ceramah yang menyejukkan dan mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa.

Tidak hanya itu, himbauan ini juga diperuntukkan kepada masyarakat non muslim yang ada di Kabupaten Lingga, agar menghormati umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa, dengan menghindari sikap dan perbuatan yang menyinggung persaan umat Islam, demi terpeliharannya persatuan dan kesatuan.

Juga tak ketinggalan himbauan untuk para pemimpin, aparat keamanan dan semua aparat pemerintah agar membantu sepenuhnya pelaksanaan himbauan ini dalam bentuk partisipasi aktif dan dengan penuh rasa tanggungjawab.

Diketahui pada edaran tersebut, selama bulan Ramadhan ini jajaran pemerintahan mulai dari tingkat desa hingga di pusat pemerintahan, seluruh aparaturnya diperintahkan untuk menggunakan baju kurung lengkap selama masa hari aktif kerja. (MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *