Sambut Ramadhan, Pemkab Lingga Gelar Tausiyah Bersama ASN

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Sempena menyambut bulan Suci Ramadhan yang sebentar lagi menjelang,  Pemkab Lingga melalui Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga,  menggelar acara tausiyah yang diperuntukkan kepada para ASN dalam lingkungan pemerintahan Kabupaten Lingga.

Acara yang dilaksanakan di Masjid Sultan Lingga ini,  dibuka oleh Asisten Pemerintahan,  Rusli; yang dalam hal ini mewakili Bupati Lingga yang berhalangan hadir.

Dalam sambutannya,  beliau mengharapkan agar seluruh ASN pemkab Lingga untuk meramaikan masjid,  terutama dalam bulan suci Ramadhan nantinya.

Beliau juga mengajak kepada para ASN yang memiliki kelebihan rezeki untuk memperbanyak bersedekah pada bulan Ramadhan ini,  yang nanti bisa kita salurkan pada saat safari Ramadhan ke pulau-pulau.

Tampak hadir pada acara tausiyah tersebut, Wakil Bupati Lingga beserta istri, Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga, Asisten Pemerintahan, dan Asisten Administrasi Umum, serta para Kepala OPD, Imam Masjid dan tokoh agama Kabupaten Lingga.

Sebelum penyampaian tausiyah oleh Ustad Setiadi, MPd; beliau terlebih dahulu memimpin doa, dengan harapan agar acara yang digelar hari ini bisa mendapatkan berkah serta dicucuri rahmat dari Allah SWT.

Dengan topik menyambut ramadhan, Ustad Setiadi membuka dengan tausiyahnya dengan mengajak seluruh ASN yang hadir agar senantiasa bersyukur dengan harapan bisa diberikan kesehatan dan kesempatan untuk menunaikan ibadah di bulan suci Ramadhan.

“Karena banyak dari saudara-saudari kita, yang pada bulan puasa tahun lalu masih bersama kita, namun saat ini sudah tidak lagi hadir hari ini bersama kita untuk menyambut bulan Ramadhan,” kata beliau mengingatkan.

Selanjutnya beliau juga mengajak para hadirin untuk senantiasa memperbanyak doa, memohonkan ampunan, agar semua dosa-dosa yang telah lalu bisa diampuni oleh Allah SWT.

Beliau menjelaskan bahwa, ada berbagai golongan orang yang menerima kedatangan bulan suci Ramadhan, yakni golongan yang santai saja menyambut bulan Ramadhan seperti bulan-bulan lainnya; ada golongan yang berkeinginan memperoleh pahala pada bulan Ramadhan; dan ada juga golongan yang berkeingingan memperoleh pahala dengan berbagai persiapan yang dilakukan jauh hari sebelum kedatangannya.

Ia menyebutkan bahwa, dalam perintah untuk berpuasa seperti yang tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183, Allah menyeru kepada seluruh umat yang memiliki iman untuk berpuasa agar menjadi insan yang bertakwa.

Menurut beliau “Agama islam ini simple saja, perintah kita jalankan,  larangan kita tinggalkan.”

Beliau juga menjelaskan bahwa, digunakannya assiyam pada ayat tersebut,  bukan saum, dikarena pada bulan Ramadhan ini, kita diberikan suatu ibadah yang tidak kita ketahui nilainya.  “Hanya Allah yang tau kualitas nilai puasa kita,” kata beliau menjelaskan.

 

Tidak hanya itu, beliau berpesan agar dalam pelaksanaan ibadah di bulan puasa nantinya kita tetap mengutamakan sholat. Jangan sampai kita berpuasa, namun sholat ditinggalkan, karena sholat adalah kewajiban yang paling utama selain berpuasa.

Diantara keutamaan Ramadhan ini adalah adanya ibadah sholat tarawih berjamaah yang kita laksanakan setiap malamnya. Namun beliau mengingatkan bahwa sholat tarawih bukanlah ajang lomba kebut-kebutan, dalam artian cepat-cepat untuk selesai dalam sholat tersebut. Karena sholat tarawih sejatinya ialah istirahat atau tenang, sehingga kita bisa mendapatkan manfaat dari sholat tersebut selain pahala tentunya.

Selanjutnya acara diakhiri dengan bersalam-salaman antar sesama ASN dengan Wakil Bupati Lingga, para Asisten dan para Kepala OPD yang hadir.

Diketahui pada saat yang sama, acara tausiyah ini juga berlangsung di Masjid Sirajul Huda,  Desa Tanjung Harapan dengan penyampaian tausiyah oleh  Ustad Nizar, MA. (MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *