Pemkab Lingga Buka Lomba Cipta Menu

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Pertanian Dan
Ketahanan Pangan yang bekerjasama dengan TP. PKK Kabupaten Lingga membuka Lomba Cipta Menu yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Kabupaten Lingga Tahun 2019. Selasa, Aula Hotel Lingga Pesona (30/4).

Kegiatan Lomba cipta menu ini dihadiri oleh Wakil Bupati Lingga, Asisten III, Camat SeKabupaten Lingga. Lurah, Pimpinan OPD, Ktua Dekranasda/ diwakili, Ketua GOW
Kabupaten Lingga, Tim Penguji dari Provinsi Kepri, serta peserta yang mewakili setiap
Kecamatan wilayah Kabupaten Lingga.

Pada sambutannya, Sopian selaku Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga yang juga merupakan ketua pelaksana kegiatan menyampaikan, Kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas yaitu SDM yang sehat, cerdas dan memiliki fisik yang tangguh serta produktif merupakan faktor utama yang diperlukan untuk melaksanakan pembangunan nasional. Gizi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan tingkat kesehatan dan keserasian antara perkembangan fisik dan perkembangan mental.

“Kegiatan ini diadakan agar ibu-ibu rumahtangga bias membangkitkan menu-menu baru yang lebih kreatif untuk Kabupaten Lingga, dan insyaallah kegiatan ini juga akan dipertandingkan lagi pada tingkat Provinsi” sebutnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Siswadi mengungkapkan, semoga dengan diadakannya kegiatan tersebut, dapat tercipta menu-menu baru yang sehat dan bergizi serta seimbang dengan tidak mengurangi keseimbangan.

“Kegiatan ini dikhususkan bagi kalangan ibu-ibu rumah tangga, mengingat asupan gizi yang baik berasal dari keluarga. Oleh karena itu, dapat dilakukan pemanfaatan kearifan local yang mampu diberdayakan secara optimal oleh ibu-ibu rumah tangga” ujarnya.

“Ya biar berpariasi dalam menyajikan menu, supaya tidak bosan” tambahnya lagi.

Sementara itu, Siswandi Asiten III Bupati Lingga yang membuka resmi kegiatan tersebut juga mengungkapkan bahwa Sumber Daya Manusia yang berkualitas dapat diwujudkan apabila konsumsi pangan yang memiliki gizi yang berkualitas pula.

“Konsumsi pangan yang kurang, akan mengakibatkan dampak yang tidak baik untuk kualitas Sumber Daya Manusia” paparnya.

Dia juga berharap, lomba cipta menu tersebut tidak hanya dijadikan seremonial saja adalah melainkan untuk sajian menu untuk tamu-tamu luar yang datang berkunjung kedaerah kita. (MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *