Menuju Lingga Smart City, Kabupaten Berbasis Digital

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Memenuhi surat dari Telkom Indonesia tentang program pemerintah untuk mewujudkan pengelolaan kota/kabupaten berbasis digital (smarty city), Pemkab Lingga sangat menyambut baik program teknologi tingkat tinggi ini, dengan mengutus OPD terkait untuk melihat langsung simulasi E-Goverment, E-Kesehatan, E-Pendidikan, E-Logistik, E-Pariwisata, E-Pengadaaan dan Pengembangan aplikasi lainnya di Living Lab Plaza Telkom Gunung Sahari – Jakarta. (25/04/2019)

Rombongan Pemkab Lingga yang dalam hal  ini diketuai oleh Staf Ahli, Idrus; mewakili Bupati Lingga beserta sekretaris Bappelitbang, Kabag Kominfo Humas dan lain-lain, yang total keseluruhannya sebanyak 11 orang dari 6 OPD.

Dengan didampingi oleh Manajer Goverment Enterprise Service Witel Riau Kepulauan, Bungaran B.Simanjuntak dan Firdaus Riza selaku Account Manager Witel Riau Kepulauan, rombongan disambut langsung oleh Sri Suhartini, selaku Manager Teritory Sales Area Barat DGS Jakarta.

Adapun konsep Smart City seperti yang dicita-citakan oleh Pemkab Lingga sendiri ialah sebuah kota yang berkinerja baik dengan berpandangan ke dalam ekonomi, penduduk, pemerintahan, mobilitas dan lingkungan hidup. Selain itu, smart city juga merupakan sebuah kota yang mampu mengontrol dan mengintegrasikan semua infrastruktur termasuk jalan, jembatan, bandara, pelabuhan, komunikasi, air, listrik dan pengelolaan gedung. Dengan begitu bisa mengoptimalkan sumberdaya yang dimiliki serta mampu merencanakan pencegarannya

Selain itu, smarty city  juga dapat menghubungkan infrastruktur fisik, infrastruktur IT, infrastruktur social dan bisnis insfrastruktur untuk meningkatkan kecerdasan kota. Ia juga diharapkan mampu membuat kota lebih efisien dan layak huni untuk penduduknya.

Dari apa yang tergambar pada pertemuan tersebut, harapan kita kedepannya, Pemkab Lingga bisa memiliki server dan data centre yang terintegrasi data dan aplikasi seluruh OPD melalui Command Centre dengan infrastruktur internet berbasis fiber optic sehingga tercipta kawasan smart goverment yang pada akhirnya tercipata ‘Smart Lingga Integrated’.

Pada akhir acara ditutup dengan penandatanganan MoU Pemkab Lingga melalui Kominfo dan Humas dnegan pihak Telkom Indonesia Witel Riau Kepulauan.

Untuk diketahui, saat ini pihak Telkom sudah memiliki program aplikasi yang sedang berjalan, diantaranya Branner Digitalisasi, Smart Branding, Smart Meeting Room / Class Room, E-Pasar, E-Desa/Kelurahan, E-Finger Print, Mangoesky, PHRI online, Samsat online, Pengelolaan Pajak Daerah secara online, dan lain-lain. (MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *