Desa Sungai Besar Panen Padi Untuk Kesekian Kalinya

Diposting pada

 

Lingga (Media Center) – Masyarakat Desa Sungai Besar patut berbangga hati, ditengah kondisi cuaca panas belakangan ini yang menyerang Kabupaten Lingga, mereka berhasil melakukan panen padi untuk yang kesekian kalinya. (25/03/2019).

Sebelumnya, persis di belakang Gudang Penggilang Padi ini, dahulunya dimanfaatkan masyarakat untuk menanam kacang panjang, tomat dan semangka. Tapi sekarang tempat ini sudah dijadikan lokasi untuk penanaman padi, karena dirasakan hasilnya lebih menjanjikan bagi mereka.

Menurut Kades Sungai Besar, Nazaruddin; dengan panen padi ini membuat masyarakat sekitar lebih termotivasi untuk bercocok tanaman padi, karena sebenarnya menanam padi tidaklah serumit yang kita bayangkan apatah lagi lahan sudah ada dan sudah siap tanam.

“Alhamdulillah, untuk panen kali ini hasilnya lebih memuaskan. Jika dibandingkan dengan varietas padi sebelumnya, nampaknya untuk Inpara 3 ini lebih cocok untuk kondisi tanah di Desa Sungai Besar ini,” kata beliau menjelaskan.

Beliau menambahkan, padi Inpara 3 yang mereka panen itu juga lebih tahan dengan kondisi air yang sulit saat ini.

“Yang panen dulu sudah bagus juga hasilnya, tapi yang panen kali ini jauh lebih baik. Kalau dulunya daunya kuning, tapi padinya belum kuning. Kalau sekarang, daunnya masih hijau, padinya sudah kuning. Dan hasilnya juga lebih bagus,” kata beliau antusias.

Pak Tua salah satu dari petani padi di desa ini tampak sangat gembira dengan hasil jerih payah mereka selama ini, walaupun curah hujan dan sungai yang mengairi persawahannya tidak lancar diakibatkan curah hujan yang sudah lama tidak hujan, tapi hasil panen mereka sangat optimal.

“Panen kali ini lebih bagus pak, walaupun agak susah air, tapi hasil padinya bagus,” tutur beliau.

Selain itu, di samping lahan yang sedang panen itu, tampak masyarakat dengan semangat sedang menanam bibit padi.

Akhirnya, segala kabar miris dan miring terhadap lahan padi di Desa Sungai Besar, hari ini terbantahkan dengan keberhasilannya

Walau cuaca panas di lahan ini tapi nampak wajah bahagia dari masyarakat yang sedang melakukan panen.

Diketahui, Pemkab Lingga sangat mendukung aktitifas masyarakat bercocok tanam padi, karena ini merupakan salah satu andalan dari 4 program besar Awe Nizar. (MC)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *