Lestarikan Budaya, Dinas Kebudayaan Lingga Gelar Haul Jamak

Diposting pada

Tradisi Haul Jamak yang digelar Disbud Lingga di Replika Istana Damnah

Lingga (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Kebudayaan mengadakan agenda memperingati Tradisi Houl Jama’. Kamis (19/4)

Tradisi memperingati Houl Jama’ yang juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahim dalam mengadapi bulan suci Ramadhan tersebut dihadiri oleh tokoh masyarakat Lingga dan serta dihadiri juga oleh perwakilan siswa-siswi dari sekolah yang ada di ruang Lingkup Kabupaten Lingga.

“Kegiatan Houl jama’ ini selalu kita lakukan setiap tahun, setahun sekali lah dalam tiap tahun itu” ujar Kabid Kebudayaan, Syamsul Asrar saat ditemui ditempat acara tersebut.

Peringatan Houl Jama’ ini dihadiri oleh Sekda Lingga, Juramadi Esram mewakili Bupati dan Wakil Bupati Lingga yang berhalangan hadir dikarenakan ada sesuatu urusan yang tidak bisa ditinggalkan.

“Saya sangat bersyukur dengan masih berjalannya tradisi ini, dan ini perlu kita jaga yang juga merupakan tradisi umat islam ahlussunnah wal jamaah” ucap Sekda Lingga ketika menyampaikan kata sambutannya.

“Tradisi yang masih bertahan hingga sekarang dikampung kita ini, salah satunya adalah Houl Jama” sambungnya.

Dia juga mengungkapkan hal tersebut adalah salah satu mensyiarkan agama islam yang juga dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

“Kegiatan ini tiap tahun kita lakukan, dan ini perlu kita lestarikan” sambung Sekda Lingga lagi.

Dalam kesempatan itu Juramadi Esram Juga menyampaikan kepada Kadis Kebudayaan bahwa hal tersebut sangat disayangkan jika tidak dipromosikan, dikarenakan sebutnya di Bintan pada peringatan Isra’ Mi’raj itu dihadiri atau mendapat kunjungan dari warga Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapora.

“Jadi hal ini sangat disayangkan jika tidak dipromosikan” ungkapnya.

Dia berharap Dinas Pariwisata mampu mempromosikan atau menjual sebagai salah satu event wisata budaya khas Kabupaten Lingga.

Diketahui, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Asisten I, Asisten III dan juga dihadiri oleh pimpinan OPD se-Kabupaten Lingga, Camat serta dihadiri oleh tokoh masyarakat seperti perwakilan dari setiap Kecamatan seperti MUI, LAM, dan tokoh masyarakat lainnya. (MC/SMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *