Pemkab Lingga Akan Bangun Kawasan Ekonomi Terpadu

Diposting pada
Bupati Lingga saat kunjungan ke Lokasi KET

Lingga (Media Center) – Bupati Lingga H Alias Wello bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, meninjau kawasan eks perkantoran PT Timah, Minggu (25/2) lalu.

Eks perkantoran itu, akan dijadikan kawasan ekonomi terpadu lengkap dengan taman bermain, perkantoran dan perbelanjaan.

”Di sini nanti akan berdiri pusat ekononi terpadu. Ada kantor, taman bermain, perbelanjaan dan pendidikan,” kata Alias Wello saat melakukan peninjauan.

Beliau menyebutkan, Detail Engineering Design (DED) untuk kawasan ekonomi terpadu sudah disiapkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lingga. Selanjutnya, PU terlebih dahulu akan menyiapkan infrastruktur pendukungnya.

”Pertama yang perlu disiapkan adalah jalan. Jalan yang telah ada nantinya akan dibesarkan menjadi dua jalur,” kata Awe.

Pembangunan kawasan ekonomi terpadu ini, nantinya diharapkan akan mendukung upaya Pemkab Lingga untuk memasukkan investor. Dengan ketersediaan fasilitas pendukung perkantoran yang memadai.

”Kita tidak main-main dengan program ini,” tegas Awe.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Lingga Said Nursyahdu, menerangkan, berdasarkan master plan perencanaan KET, dibutuhkan anggaran Rp. 61 miliar. Besarnya anggaran ini, tentu tidak akan ter-cover melalui APBD Lingga. Untuk itu, pihaknya akan menggandeng pihak ketiga untuk kerja sama.

”Untuk jalan sudah dianggarkan pada APBD murni. Kemungkinan dua bulan lagi sudah mulai dikerjakan. Sementara, PT. Timah sebagai pihak ketiga,” jelas Said Nursyahdu.

Dengan ini, mimpi masyarakat Lingga untuk memiliki Kawasan Ekonomi Terpadu (KET) di Kota Dabo Singkep akan segera terwujud. (MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *