Palapa Ring Ditargetkan Beroperasi di Tahun 2018

Diposting pada
Ady Setiawan, Kasubbag Komunikasi Kominfo Lingga

 Lingga (Media Center) Proses pengerjaan pembentangan kabel fiber optik (FO) atau dinamakan Palapa Ring di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, sudah hampir selesai.

Program ini adalah merupakan program kerja nasional dari Kementerian Kominfo RI. Adapun beberapa daerah yang mendapatkan manfaat dari program ini salah satunya ialah Kabupaten Lingga.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kominfo di Setda Lingga, Ady Setiawan mengatakan, saat ini untuk pembentangan kabel darat sudah selesai. Tapi, untuk pembentangan kabel laut masih dalam proses pengerjaan.

“Direncanakan atau targetnya akan beroperasi pada pertengahan 2018 nanti. Kalau untuk kendala sendiri, sejauh ini kami belum mendapatkan laporan,” ujar Ady, Selasa (16/1/2018).

Dia juga mengatakan manfaat dari program ini adalah untuk meminimalisir kesenjangan teknologi informasi, terutama untuk komunikasi data.

“Selama ini yang digunakan oleh operator telekomunikasi untuk menyalurkan bandwith ke Kabupaten Lingga masih menggunakan teknologi radio dari tower ke tower secara estapet dengan kapasitas yang masih terbatas” jelasnya.

Harapan beliau ialah dengan adanya jaringan FO ini, bandwith yang diditribusikan bisa sangat besar dan stabil. Sehingga kedepan akan berpengaruh pada kualitas telekomunikasi dan data menjadi lebih baik. Dan program ini merupakan program Kementrian Kominfo RI.(SMI/MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *