Wabup Lingga Bersama Stakholder Terkait Gelar Rapat Persiapan MTQ Provinsi 2018

Diposting pada
Rapat persiapan MTQ Provinsi Kepri yang pimpin oleh Wakil Bupati Lingga

Persiapan menjadi tuan rumah

Lingga (Media Center) – Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar bersama dengan beberapa stakholder terkait menggelar rapat persiapan perhelatan MTQ tingkat Provinsi ke VI di aula Kantor Bupati Lingga, Kamis (19/10/2017).

Rapat tersebut digelar, karena Lingga Ditunjuk sebagai tuan rumah pada kegiatan yang rencananya akan dihelat pada akhir bulan April atau pertengahan Mei tahun 2018 nanti.

“Astaka utama dan pusat lomba nantinya di Singkep Pesisir. Tapi kita minta sebagian cabang lomba digelar di Daik. Seperti Khattil Quran dan Musabaqah Makalah Ilmiah Quran bisa dilaksanakan di Daik,” Kata Muhammad Nizar, Wakil Bupati Lingga disela rapat tersebut

Ia menjelaskan persiapan Astaka di Singkep pesisir saat ini sudah mulai berjalan. Begitu juga untuk persiapan lainnya yang mulai disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Kepri di Kabupaten Lingga untuk menyambut even dua tahunan itu.

“Kegiatan ini nantinya akan melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait  Seperti untuk transportasi akan diurus langsung oleh Dinas Perhubungan baik itu transportasi darat maupun laut, untuk kafilah hingga yang datang nanti,” kata Nizar

Pada malam Ta’ruf nanti Pemerintah Kabupaten Lingga juga dikatakannya sudah mempersiapkan berbagai tampilan ciri khas Bunda Tanah Melayu yang nantinya akan menjadi tanggung jawab Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga.

“Nanti kita minta dinas kebudayaan susun dan perhatikan betul detail kegiatannya,” ucapnya.

Melihat potensi lokasi Astaka yang berada di perbatasan Desa Sedamai dan Desa Lanjut yang berdekatan dengan pantai, Wakil Bupati Lingga juga meminta agar ada kegiatan selingan refresing untuk para kafilah.

“Didepan Astaka utama itukan ada pantai yang bersih dan cantik. Kita ingin dirancang kegiatan yang menarik untuk penyegaran para kafilah.  Misalnya tarik tambang atau permainan rakyat untuk lebih meningkatkan rasa keakraban sesama kafilah,” tambahnya.

Sementara itu hadir dalam kegiatan rapat tersebut perwakilan dari Bagian Kesra Pemerintah Provinsi Kepri Mahadi Rahman mengatakan, kegiatan ini nantinya akan dikemas dengan baik sehingga tidak ada benturan antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya. Gubernur juga meminta agar kegiatan tersebut berjalan sukses, sehingga dibutuhkan kerjasama semua pihak.

” Pesan Gubernur, pelaksanaan MTQ ini tidak memberatkan Kabupaten Lingga sebagai tuan rumah. Harapan kita, pelaksanaan MTQ VII di Lingga bisa berjalan sukses,” tutur Mahadi.

Dirinya juga menyampaiakan akan ada beberapa tambahan cabang kegiatan lomba pada MTQ tahun 2018 ini. “Kita lagi menunggu keputusan dari LPTQ Pusat, mungkin akan ada tambahan cabang lomba,” sebutnya (Hms/Bayu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *