Lintas Kepri Resmi Layani Rute Pelayaran Lingga

Diposting pada
Kapal Lintas Kepri

Lingga (Media Center) – Kapal fery Mv. Lintas Kepri milik pemerintah yang dikelola oleh BUMD Kepulauan Riau, Kamis (22/6) mendatang, resmi melayani rute pelayaran domestik ke Kabupaten Lingga.

Selamat, Kepala Bidang Perhubungan Laut di Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga mengatakan, BUMD Kepri sudah menjalin kerjasama dengan pihak ketiga sebagai pengelola kapal tersebut.

“Tadi malam, pemerintah dan pihak ketiga sudah sain kontrak, jadi sudah selesai. Rute pelayarannya Tanjungpinang-Singkep-Daik,” kata dia di Daik Lingga, Selesa.

Pihak ketiga yang berhasil menjalin kerjasama dengan BUMD Kepri tersebut merupakan perusahaan bidang jasa pelayaran yang sudah sejak lama melayani rute pelayaran Domestik ke Lingga.

“Operatornya masih satu agen dengan kapal Mv. Arena,” ungkap Selamat.

Beroperasinya Mv. Lintas Kepri, menurut Selamat, akan sangat membantu pemerintah daerah mengurai kepadatan arus mudik lebaran tujuan Lingga, yang tahun ini terpantau mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Sementara waktu diefektifkan untuk antisipasi lebaran dulu. Nanti jadwal regularnya diatur kembali ‘lah,” ujarnya.

Sebelumnya, pengoperasian kapal Mv. Lintas Kepri yang dijanjikan melayani rute pelayaran dari dan ke Kabupaten Lingga, terkendala kesepakatan kerjasama antara BUMD dan pihak ketiga.

Kapal Fery dengan kelas pelayanan VIP dan menelan biaya pembuatan senilai Rp. 25,9 Miliar itu, telah selesai dikerjaan PT. Palindo Batam selaku kontraktornya sejak 2015 lalu.

Adapun kapasitas kapal berbahan alumunimun tersebut adalah 158 penumpang dengan panjang 35,60 meter. Sedangkan lebarnya adalah 5,60 meter, dengan berat 129 gross ton (GT). (*/MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *