DKP Lingga Siapkan Bantunan Alat Tangkap Nelayan

Diposting pada

Lingga (Media Center) – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lingga mulai mempersiapkan bantuan alat tangkap nelayan, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2016.

“Untuk jumlah bantuan pada tahun ini lebih kecil dari tahun-tahun sebelumnya. Saat ini sedang kami persiapkan, tapi hanya untuk alat tangkap nelayan saja,” kata Febrizal Taufik, Kepala Seksi Pengembangan Perikanan Tangkat DKP Lingga, Selasa (13/9/2016)

Adapun jumlah dan jenis dari bantuan tersebut yakni, 30 unit Cool Box, 250 unit jaring bawal, 200 unit kawat Bubu, dan 3500 unit Bubu Kepiting.

Dia mengatakan, bantuan alat tangkap nelayan melalui dana DAK tahun ini hanya berjumlah Rp 600 Juta lebih. Jumlah tersebut cukup kecil jika dibandingkan dengan yang didapat Lingga pada tahun sebelumnya yakni, sekitar Rp 4,5 Miliar.

“Kami akan upayakan di tahun depan bisa lebih besar lagi. Sementara ini hanya alat tangkap saja, tidak memadai untuk bantuan sarana tangkap. Seperti tahun lalu, bantuannya kan 10 unit perahu 5 GT,” ungkapnya.

Mengenai calon penerima bantuan, dikatakan Taufik, masih belum ditentukan oleh pihaknya. DKP masih menyeleksi kelompok-kelompok nelayan calon penerima bantuan tersebut.

“Syarat minimal haruslah kelompok usaha bersama (KUB). Tidak boleh individu. Ini sudah menjadi prosedur bantuan DAK. Koperasi nelayan masih dibolehkan,” ujarnya.

Untuk waktu penyerahan bantunan tersebut, pihak DKP Lingga menargetkan minimal sudah bisa di serahkan kepada calon penerima pada bulan Desember tahun ini.

Dia mengharapkan adanya kerjasama dari masyarakat nelayan agar proses pemberian bantuan tersebut tepat sasaran dan mampu sedikit merubah taraf hidup masyarakat Kabupaten Lingga.

“Kita berharap masyarakat bekerjasama lah. Jangan sampai bantuan ini sia-sia. Banyak lagi yang mebutuhkan. Jadi gunakan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai di jual,” tutupnya. (MC Lingga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *