Karnaval HUT RI Dabosingkep Dimeriakan Ribuan Peserta 

Diposting pada
Foto: Salah satu barisan peserta pawai HUT RI ke 71 di Dabosingkep. Ist

Lingga (Media Center) – Sedikitnya seribu orang masyarakat Dabosingkep dari berbagai instansi dan lembaga, Sabtu (20/8), turut ambil bagian dalam memeriahkan karnaval HUT Kemerdekaan RI ke 71.

Karnaval tahunan yang rutin digelar tiap memeriahkan HUT RI di kota penghasil timah tersebut, masih jadi tradisi paling di tunggu-tunggu masyarakat setempat.

“Penyelenggaraan karnaval ini murni dari partisipasi masyarakat Dabosingkep. Mulai dari persiapan, atribut peserta, piala, panggung panitia, sound, sampai konsumsi ditanggung secara bersama,” kata Kisan Jaya, Camat Singkep, Kabupaten Lingga, usai membuka dan melepas satu persatu barisan pawai.

Menurut Kisan, antusias masyarakat menantikan kegiatan ini terselenggara, cukup luar biasa. ada ataupun tanpa dukungan anggaran dari pemerintah setempat, kegiatan ini akan tetap terlaksan setiap tahunnya.

“Inilah bentuk nasionalisme masyarakat Singkep yang sampai hari ini masih bisa kita lihat bersama. Begitu besar antusiasnya menantikan iven ini terselenggara,” tuturnya.

Dia mengatakan, semua pihak mulai dari instansi pemerintah, swasta, pelajar, maupun komunitas, ikut membuat barisan pawai dengan menyiapkan berbagai tampilan kostum, atribut, poster, benner, dan sebagainya.

“Kami selaku penyelenggara tidak menyangka akan semeriah ini. Kami hanya memfasilitasi sarana saja. Apa yang meraka (tiap barisan pawai) tampilkan itu tidak murah tentunya. Tapi mereka cukup bangga bisa berpartisipasi,” ungkap Kisan.

Dia juga menyoroti spanduk dan poster peserta karnaval, yang cukup banyak ditemui kalimat-kalimat posotif berisi dukungan terhadap misi pemerintah pusat maupun daerah.

“Ini merupakan bentuk dukungan warga kami terhadap pemerintahan saat ini. Itu datang dari kreatifitas mereka sendiri (peserta),” ujarnya.

Untuk penilaian pemenang barisan pawai, lanjutnya, panitia mengelompokkannya dalam tiga kategori yakni, level umum untuk tingkat SMP dan SMA dan sederajat, level SD untuk puluhan sekolah dasar yang ikut, serta level Taman Kanak-kanak (TK).

Terkait peluang besar bagi Singkep memanfaatkan iven akbar tersebut sehingga kedepannya menjadi daya tarik wisata daerah, dia mengatakan, itu tentu akan diupayakan pemerintah setempat untuk mengusulkannya kepada pemerintah Kabupaten.

Dia berharap momen ini tidak hanya dinikmati masyarakat Dabosingkep, tapi juga wisatawan yang berkunjung ke kota itu kedepannya.

“Hal seperti ini akan sangat baik bagi pemerintah Kabupaten Lingga dalam meningkatkan daya beli pariwisata daerah,” terang Kisan.

Terlepas dari hal itu, dia selaku pemerintah Kecamatan, mengucapkan terima kasih dan rasa bangganya atas jiwa nasionalisme yang ditunjukkan masyarakat Singkep dalam kegiatan ini.

Dia juga berharap, nilai-nilai nasionalisme seperti yang terbalut dalam kostum karnaval para peserta, terus bertahan dan di pupuk pada generasi muda Singkep selanjutnya. (Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *